BERBAHAYAKAH BENJOLAN DI PAYUDARA?

Tahukah anda bahwa tidak semua benjolan pada payudara merupakan tanda berbahaya. Salah satu penyebab terjadinya benjolan adalah karena siklus menstruasi. Menstruasi menyebabkan perubahan hormon sehingga pada beberapa wanita mengalami pembesaran pada payudara yang disertai dengan rasa nyeri. Namun demikian tak bisa juga kita remehkan atau abaikan.


Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang terhubung pada otot-otot di dinding dada. Payudara terbentuk dari jaringan lemak. Jaringan lemak terdiri dari lobulus dan kelenjar pembentuk susu. Susu akan terbentuk pada kelenjar pembentuk susu lalu mengalir ke saluran payudara selama menyusui. Air susu akan keluar melalui puting. Kelenjar susu dan saluran payudara dapat membesar atau mengecil tergantung pada kebutuhan.

Benjolan pada payudara dapat disebabkan dari semua hal yang membentuk payudara. Benjolan pada payudara merupakan pertumbuhan jaringan yang berkembang didalam payudara. Benjolan pada payudara bervariasi dan bergantung pada bagaimana benjolan terlihat dan terasa.

Beberapa perubahan pada tubuh anda karena benjolan :

Pada beberapa kasus benjolan payudara merupakan tanda timbulnya kanker sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Tetapi terkadang benjolan pada payudara bukan karena timbulnya kanker.

Penyebab benjolan pada payudara
Jangan panik dulu jika dirasa ada benjolan di payudara anda, namun juga tak bisa diabaikan begitu saja.

Berkonsultasilah dengan dokter jika Anda menemukan benjolan atau perubahan pada payudara. Pemeriksaan dan pendeteksian lebih dini dapat meningkatkan keberhasilan terapi pengobatan. Anda tidak perlu takut atau sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter karena dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan kode etik kedokteran.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami.
Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Patient. (2016, 23 Sept). Breast Lump. Diperoleh 02 Februari 2017 dari : http://patient.info/health/breast-lumps
  2. Mayo Clinic. (2015, 08 Okt). Breast Lumps. Diperoleh 02 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/symptoms/breast-lumps/basics/definition/sym-20050619