INGIN OLAHRAGA SEDERHANA DAN BISA DIMANA SAJA?

Berdiri atau duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri pada otot. Melakukan beberapa gerakan seperti peregangan dan senam dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan pada otot, tingkat stress, dan obesitas.


Di jaman sekarang ini sebagian orang tidak melakukan olahraga karena kesibukan atau aktifitas sehari-hari seperti bekerja, bersekolah, dan membersihkan rumah. Stress dan obesitas dapat meningkat karena hal tersebut. Olahraga tidak selalu harus ke tempat fitnes atau lapangan olahraga. Anda dapat melakukan olahraga dimeja kerja atau sekolah dengan melakukan peregangan atau beberapa gerakan.

Senam Aerobik 60 detik
Berikut adalah beberapa gerakan senam aerobik yang dapat dilakukan :

  1. Angkat tangan kanan dan rentangkan kaki kiri kesamping. Kaki kanan tetap menginjak lantai. Tahan gerakan ini selama 1 menit.
  2. Lakukan jalan ditempat dengan mengangkat lutut setinggi mungkin. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.
  3. Melompat seperti menggunakan lompat tali selama 1 menit.
  4. Angkat kedua tangan keatas lalu gerakkan tangan seperti menarik barang dari atas ke bawah. Kedua kaki tetap menginjak lantai. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.
  5. Jika ingin gerakan yang lebih keras, Anda dapat naik turun tangga sebanyak 5-7 kali sehari.

Latihan Peregangan
Berikut beberapa gerakan yang dapat dilakukan :
Berdiri atau duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan pada otot. Latihan peregangan dapat dilakukan untuk membantu mengurangi stress dan pegal-pegal pada otot.
Lakukan beberapa gerakan berikut untuk peregangan otot:

  1. Letakkan tangan kanan anda pada siku kiri. Tangan kiri Arahkan kekanan namun tubuh tetap tegak ke depan. Tahan peregangan hingga 30 detik. Lakukan juga pada tangan kanan.
  2. Angkat salah satu lengan dan  menekuk ke belakang kepala. Letakkan tangan yang lain pada siku yang ditekuk untuk membantu meregangkan lengan atas dan bahu. Tahan peregangan selama 30 detik.
  3. Letakkan kedua tangan pada belakang kepala dan gerakka siku sejauh mungkin untuk meregangkan bagian dada. Tahan peregangan selama 30 detik.
  4. Untuk mengendurkan otot-otot leher dan bahu yang kaku dapat melakukan gerakan dengan menurunkan dagu ke dada. Tahan  peregangan selama 30 detik.
  5. Duduk dikursi dengan posisi tegak. Angkat kedua tangan ke atas dan lakukan gerakan seperti akan meraih atap ruangan. Lakukan selama 10 detik lalu condongkan/regangkan badan kekiri sehingga tangan kiri lebih panjang dan lakukan juga peregangan kearah kanan.
  6. Tempelkan telinga kanan pada bahu dan tekan dengan menggunakan tangan kanan. Tahan selama 10 detik kemudian ulangi pada sisi kiri.
  7. Posisikan duduk menghadap ke depan kemudian putar kepala kekiri sampai 1 putaran setelah itu putar kepala ke kanan. Lakukan berulang kali hingga 15 kali.
  8. Duduklah dilantai dengan kedua kaki lurus kedepan lalu membungkuk kedepan hingga merasakan ada peregangan dibagian belakang tubuh. tahan selama 10 detik.

Luangkan waktu 10 menit setiap hari disela-sela kesibukkan Anda. Cintai tubuh Anda dengan membiasakan hidup sehat setiap hari.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami.
Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. WebMD. Excercise at Your Desk. Diperoleh 02 Februari 2017 dari : http://www.webmd.com/fitness-exercise/features/exercise-at-your-desk#1
  2. Mayo Clinic. (2017, 04 Jan). Office stretches. Diperoleh 02 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/multimedia/stretching/sls-20076525?s=7