BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN RAMBUT DAN KULIT KEPALA?

Pemilihan sampo dan kondisioner memiliki peran untuk menjaga kondisi kesehatan rambut dan kulit kepala. Namun bagaimana cara yang tepat agar rambut tetap sehat?


Lelaki dan wanita tentu menginginkan rambut dan kulit kepala yang sehat. Rambut yang sehat dapat menunjang penampilan seseorang agar terlihat menarik. Memiliki rambut yang kuat dan tanpa ketombe bisa didapatkan dengan beberapa langkah.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala :

  1. Mencuci rambut secara teratur
    Frekuensi mencuci rambut dilakukan berdasarkan jumlah minyak pada kulit kepala yang diproduksi.
    - Jika kulit kepala berminyak maka perlu mencuci rambut minimal sekali sehari.
    - Jika rambut sering terkena bahan kimia rambut sehingga membuat rambut lebih kering. Anda hanya perlu mencuci rambut lebih jarang.
    - Seseorang yang berusia lanjut memproduksi sedikit minyak pada kulit kepala, sehingga tidak perlu sering mencuci rambut.
    - Jika terdapat ketombe pada rambut maka membutuhkan frekuensi lebih sering untuk mencuci rambut.
  2. Membersihkan kulit kepala
    Membersihkan kulit kepala lebih penting daripada membersihkan rambut. Mencuci rambut saja akan dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan kusam.
  3. Menggunakan kondisioner
    Menggunakan kondisioner setiap setelah keramas dapat memperbaiki rambut yang rusak atau rapuh, meningkatkan kekuatan rambut dan memberikan perlindungan dari sinar UV. Kondisioner hanya digunakan pada ujung rambut.
  4. Pemilihan sampo dan kondisioner
    Sampo dan kondisioner diformulasi khusus sesuai dengan jenis rambut sehingga diperlukan pemilihan sampo dan kondisioner yang disesuaikan pula dengan jenis rambut. Misalnya, jika Anda mewarnai rambut maka seharusnya menggunakan sampo dan kondisioner untuk rambut yang diwarnai.
  5. Melindungi rambut ketika berenang
    Ketika berenang diperlukan melindungi rambut dari kerusakan akibat klorin dengan cara membasahi dan memberikan kelembapan pada rambut sebelum berenang. Menggunakan topi berenang ketat juga direkomendasikan dan dengan menggunakan sampo dan kondisioner khusus perenang untuk mengembalikan kelembapan yang hilang.

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Beberapa cara untuk mencegah terjadinya rambut rontok :

  1. Mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi.
  2. Menghindari menguncir rambut terlalu kuat.
  3. Menghindari kebiasaan menarik rambut atau menggosok rambut.
  4. Merawat rambut dengan lembut saat mencuci rambut.
  5. Menggunakan sisir dengan gigi jarang dan menyisir dengan lembut untuk membantu mencegah rambut tercabut.
  6. Menghindari perlakuan kepada rambut seperti mengeriting rambut dengan menggunakan alat keriting yang panas atau meluruskan rambut denga menggunakan pemanas.

Apakah fungsi lidah buaya untuk kesehatan rambut?
Lidah buaya merupakan tanaman yang sering kali digunakan untuk kesehatan rambut. Hal ini hanya mitos atau fakta??
Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya efektif untuk mengobati beberapa masalah kulit seperti ketombe, seborrhea, dan psoriasis.

Merawat rambut dan kulit kepala bukan hanya untuk menjaga kesehatan tetapi juga dapat meningkatkan penampilan.

 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami.

Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. American Academy of Dermatology. Tips for Healthy Hair. Diperoleh 01 Februari 2017 dari : https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/hair-care/tips-for-healthy-hair
  2. Mayo Clinic. (2016, 06 Juli). Diseases and Conditions Hair Loss. Diperoleh 01 februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/basics/prevention/con-20027666
  3. WebMD. Uses for Aloe. Diperoleh 01 Februari 2017 dari : http://www.webmd.com/diet/supplement-guide-aloe-vera#1