BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN KEWANITAAN?

Berpakaian sesuai trend merupakan dambaan setiap wanita termasuk penggunaan celana jeans yang ketat. Tapi tahukah bahwa penggunaan celana jeans ketat dapat menyebabkan organ kewanitaan menjadi pengap dan lembab sehingga mudah ditumbuhi jamur?


Kesehatan organ kewanitaan merupakan bagian penting dari kesehatan wanita secara keseluruhan. Problem yang timbul dapat mempengaruhi kesuburan, memicu stress hingga menurunnya tingkat kepercayaan diri di depan pasangan.Masalah pada kewanitaan yang sedang berlangsung dapat memicu stress, masalah pada hubungan dengan pasangan dan berdampak pada tingkat kepercayaan diri.

Apakah yang mempengaruhi kesehatan vagina?
Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan organ kewanitaan, seperti :

Apakah masalah yang paling umum terjadi pada vagina?

Tanda dan gejala terjadinya masalah pada vagina
Berikut beberapa tanda dan gejala yang ketika terjadi permasalahan pada vagina :

Terkadang masalah pada vagina tidak memerlukan konsultasi dengan dokter karena dapat disembuhkan dengan obat yang dapat direkomendasikan oleh Apoteker. Berkonsultasilah dengan dokter jika tanda dan gejala berulang atau semakin parah dan ketika pengobatan tanpa resep dokter.

Cara menjaga kesehatan vagina
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah pada vagina:

Tidak semua masalah vagina dapat dicegah. Melakukan pemeriksaan teratur dapat membantu pendeteksian masalah yang mempengaruhi  vagina. Hilangkan rasa malu dan sungkan untuk berkonsultasilah dengan dokter karena dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan kode etik kedokteran.

 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami.
Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2015, 28 Feb). Women’s Health. Diperoleh 02 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/vagina/art-20046562?pg=2
  2. Patient. (2014, 23 Juli). Vaginal Thrush (Yeast Infection). Diperoleh 02 Februari 2017 dari : http://patient.info/health/vaginal-thrush-yeast-infection