NASAL POLIP

Nasal polip adalah seperti pembengkakan tumbuh didalam hidung atau sinus namun bukan kanker. Gejala paling umum menyebabkan pengap dan hidung meler.


Nasal polip adalah seperti pembengkakan tumbuh didalam hidung atau sinus namun bukan kanker. Gejala paling umum menyebabkan pengap dan hidung meler. Polip hidung menggantung ke bawah seperti buah anggur. Polip terjadi karena peradangan kronis akibat asma, infeksi yang berulang, alergi, sensitifitas obat atau gangguan sistem kekebalan tubuh. Polip hidung memiliki warna kekuningan, abu-abu atau berwarna merah muda. Polip hidung memiliki ukuran yang bervariasi. Polip hidung mungkin dapat tumbuh hanya satu namun terkadang juga tumbuh seperti sekelompok kecil buang anggur.

Penyebab Polip
Polip hidung tidak memiliki penyebab yang pasti. Diperkirakan terjadi peradangan dihidung yang menyebabkan pembengkakan pada lapisan lubang hidung. Pembengkakan ini menggantung dan membentuk polip. Polip pada umumnya mempengaruhi kedua hidug dan secara bertahap dapat membesar dan menghalangi hidung. Perkembangan peradangan tidak memiliki penyebab yang jelas.

Polip hidung dapat terbentuk pada usia berapa pun tapi pada umumnya terjadi pada usia dewasa dan setengah baya. Polip hidung dapat terbentuk dimana saja termasuk pada sinus dan paling sering muncul pada daerah sinus dekat mata, hidung, dan tulang pipi. Sinus adalah ruang berisi udara pada tengkorak yang mengalir ke hidung.

Tanda dan gejala Polip
Polip hidung memiliki tekstur lembut sehingga bila polip yang terbentuk kecil kemungkinan Anda tidak akan merasakan. Polip yang banyak dan membesar dapat menghalangi lubang hidung dan sinus. Berikut tanda dan gejala terjadinya polip :

Faktor resiko Polip
Beberapa kondisi dapat memicu peradangan kronis pada saluran hidung atau sinus, seperti infeksi atau alergi yang dapat meningkatkan resiko terjadinya polip hidung. Kondisi lain yang dapat meningkatkan polip hidung adalah :

Penanganan Polip
Penanganan dan terapi pengobatan untuk polip dilakukan berdasarkan faktor yang dapat menyebabkan atau memicu peradangan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat untuk pengobatan polip. Jika ukuran polip besar atau pemberian obat tidak memberikan hasil maka dokter dapat memberikan tindakan.

 

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasal-polyps/diagnosis-treatment/treatment/txc-20267444
  2. http://patient.info/health/nasal-polyps-leaflet