VAKSINASI CAMPAK

Tentu kita sering mendengar tentang Vaksinasi Campak. Namun ternyata, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian sebelum memberikan vaksin ini kepada putra-putri anda.


Campak adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Campak ditandai dengan gejala seperti demam, pilek, batuk, mata merah, dan sakit tenggorokan. Gejala-gejala tersebut diikuti dengan ruam yang menyebar ke seluruh tubuh. Virus campak adalah virus yang sangat menular dan dapat menyebar di udara melalui batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Campak dapat dicegah dengan vaksinasi.

Vaksinasi campak diberikan dalam 2 tahap yaitu

Vaksin campak memiliki tingkat efektifitas hingga 97% untuk mencegah penyakit campak. Berkonsultasilah dengan dokter terkait kondisi kesehatan putra putri anda sebelum memberikan vaksin campak.

Beberapa kondisi yang memerlukan pengawasan dokter sebelum dilakukan vaksinasi :

 

Setelah mendapatkan vaksinasi pada beberapa orang dapat mengalami efek samping. Beberapa kondisi yang menunjukkan tanda dan gejala terjadinya efek samping dari vaksin campak :

Beberapa efek samping tidak memerlukan tindakan atau terapi medis secara khusus karena hanya sebagai bentuk dari proses penyesuaian tubuh dengan vaksin.
Berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker untuk mencegah terjadinya efek samping.
Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika gejala efek samping terjadi terus-menerus dan mengganggu kegiatan anak anda.

 

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/measles-mumps-and-rubella-virus-vaccine-live-subcutaneous-route-intramuscular-route/side-effects/drg-20062140
  2. https://www.vaccines.gov/diseases/measles/
  3. https://www.cdc.gov/measles/vaccination.html