BRONKHITIS

Pernahkah mendengar tentang 'Bronkhitis'. Jika anda mengalami batuk terus menerus selama lebih dari 3 bulan disertai dengan pengeluaran dahak, maka sebaiknya anda mulai untuk mencurigai apakah kita mengalami bronchitis atau bukan.


Bronkitis adalah peradangan pada lapisan saluran bronkial yang membawa udara ke dan dari paru-paru. Orang yang mengalami bronkitis sering mengalami batuk lendir da berwarna. Bronkitis dapat dibedakan menjadi akut dan kronis. Pada umumnya bronkitis disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Bronkitis akut pada umumnya dapat membaik dalam beberapa minggu. Namun jika Anda mengalami bronkitis yang berulang maka dapat meningkatkan resiko untuk berkembang menjadi bronkitis kronis. Bronkitis kronis merupakan kondisi iritasi atau peradangan yang lebih serius pada saluran bronkial. Pada umumnya disebabkan karena merokok.

Tanda dan gejala Bronkitis
Gejala utama dari bronkitis adalah batuk yang diperparah dengan terjadinya demam, sakit kepala, dan menggigil. Gejala pada umumnya bertambah parah setelah 2-3 hari dan akan terjadi selama 2-3 minggu. Berikut tanda dan gejala bronkitis akut atau kronis :

  1. Batuk
  2. Produksi lendir atau dahak yang berwarna jernih, putih, abu-abu kekuningan atau hijau, namun terkadang terdapat noda darah.
  3. Tubuh terasa lemah
  4. Kesulitan bernafas
  5. Mengalami demam dan menggigil
  6. Merasa tidak nyaman pada dada

Pada bronkitis akut akan mengalami batuk yang mengganggu selama beberapa minggu setelah terjadi peradangan. Bronkitis kronis didefinisikan sebagai batuk berlendir (produktif) yang berlangsung setidaknya tiga bulan, dengan serangan berulang yang terjadi selama sedikitnya dua tahun berturut-turut.

Penyebab Bronkitis
Bronkitis akut pada umumnya disebabkan oleh virus. Antibiotik tidak dapat membunuh virus, sehingga terapi pengobatan dengan menggunakan antibiotik tidak berguna pada mayoritas kasus bronkitis. Bronkitis kronis pada umumnya disebabkan oleh merokok, polusi udara, debu, dan gas beracun dilingkungan atau tempat kerja.

Faktor resiko Bronkitis
Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya bronkitis :

Penanganan Bronkitis
Pada umumnya bronkitis akut dapat sembuh tanpa terapi pengobatan dalam waktu 2 minggu.
Terapi pengobatan
Berkonsultasilah kepada Dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan yang terdiri dari :

Terapi Saluran Pernafasan
Jika Anda menderita bronkitis kronis kemungkinan Dokter akan menyarankan untuk rehabilitasi paru. Terapi ini bertujuan untuk melatih pernafasan agar menjadi lebih mudah dan meningkatkan kemampuan untuk dapat bernafas baik saat beraktifitas atau berolahraga.
Selain dengan terapi pengobatan dan terapi untuk rehabilitasi saluran pernafasan maka dapat juga dilakukan perawatan sendiir untuk membuat kondisi lebih baik. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan :

 

Sumber :

  1. http://patient.info/health/acute-bronchitis
  2. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bronchitis/basics/lifestyle-home-remedies/con-20014956
  3. http://www.lung.org/lung-health-and-diseases/lung-disease-lookup/acute-bronchitis/learn-about-acute-bronchitis.html