TUKAK LAMBUNG

Pernahkah anda mengalami rasa tidak nyaman di perut setelah makan? Atau rasa terbakar saat bersendawa? Umumnya orang akan menganggap hal tersebut adalah sakit maag biasa. Ternyata bukan lho.


Tukak lambung atau peptic ulcer merupakan kondisi dimana ada luka atau borok pada lapisan bagian dalam lambung. Umumnya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H.pylori). Gejala yang mayoritas dirasakan oleh penderita tukak lambung adalah nyeri pada perut. Tukak lambung membutuhkan terapi pengobatan yang bertujuan untuk menekan asam lambung dan golongan antibiotik untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Tukak Lambung
Selama puluhan tahun makanan pedas dianggap sebagai penyebab utama terjadinya tukak lambung. Saat ini telah ditemukan penyebab utama tukak lambung yaitu bakteri Helicobacter pylori. Helicobacter pylori atau H.pylori merupakan bakteri yang hidup dan berkembangbiak di air minum dan makanan yang tidak ditangani secara higienis atau dimasak dengan benar. Sebagian besar penderita tukak memperoleh infeksi H.pylori sejak masa kanak-kanak, namun gejalanya baru muncul beberapa puluh tahun kemudian. H.pylori merupakan salah satu bakteri yang tahan terhadap asam lambung, sedangkan sebagian besar bakteri lainnya akan mati karena tidak tahan asam lambung.

Penyebab lainnya adalah:

  1. Konsumsi obat golongan pereda nyeri secara rutin dalam jangka waktu lama
    Mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen secara rutin dalam jangka waktu yang lama dapat megiritasi atau menyebabkan peradangan pada lapisan lambung dan usus kecil.
  2. Mengkonsumsi obat-obatan golongan steroid, antikoagulan, aspirin dosis rendah, dan beberapa obat yang lain dapat meningkatkan resiko terjadinya tukak.

 

Tanda dan gejala Tukak Lambung

  1. Rasa terbakar atau perih pada perut, khususnya pada saat perut kosong, pada selang waktu antar makan dan malam hari. Nyeri ini dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam, dan terasa dari bagian pusar hingga ke tulang payudara. Perbedaan gejala nyeri tukak lambung dan tukak usus:
    - Tukak lambung: nyeri muncul 30 – 60 menit setelah makan, dan dapat bertahan selama 1 – 1,5 jam. Nyeri muncul karena makanan bersentuhan dengan luka.
    - Tukak usus: nyeri muncul 1,5 – 3 jam setelah makan, ketika seluruh makanan sudah meninggalkan lambung. Nyeri ini juga sering membangunkan penderitanya dari tidur di malam hari (antara tengah malam hingga jam 3 pagi).
  2. Rasa penuh di perut, bersendawa.
  3. Mual dan muntah.

Pada beberapa orang yang menderita tukak lambung tidak mengalami gejala. Namun pada beberapa orang yang lain dengan tukak lambung yang parah dapat mengalami gejala seperti :

  1. Muntah atau bahkan muntah darah
  2. Tinja menjadi berwarna merah tua atau hitam
  3. Kesulitan bernafas
  4. Mengalami pingsan
  5. Mual atau muntah
  6. Kehilangan berat badan tanpa sebab
  7. Kehilangan nafsu makan

Penanganan Tukak Lambung
Pengobatan pada tukak lambung bergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa terapi yang dapat dilakukan :

  1. Pengobatan untuk menghentikan produksi asam lambung
    Obat yang paling umum digunakan adalah proton pump inhibitor (PPI). PPI adalah golongan dari obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi produksi asam lambung dengan menghambat kerja bagian –bagian sel yang menghasilkan asam. Berkonsultasilah dengan Dokter atau Apoteker untuk memilih pengobatan yang tepat.
  2. Pengobatan untuk mengurangi produksi asam lambung
    Obat yang berguna untuk mengurangi produksi asam lambung adalah obat golongan histamin (H-2) blockers. Berkonsultasilah dengan Dokter atau Apoteker untuk memilih pengobatan yang tepat.
  3. Antasida untuk menetralisir asam lambung
    Antasida berfungsi untuk menetralisir asam lambung yang sudah terbentuk dan dapat membantu meredakan nyeri. Berkonsultasilah dengan Dokter atau Apoteker untuk memilih pengobatan yang tepat.
  4. Pengobatan untuk melindungi lapisan lambung
  5. Pengobatan golongan antibiotik untuk membunuh H.pylori

Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan obat golongan antibiotik jika ditemukan bakteri H.pylori.

Tindakan tambahan

  1. Makan secara teratur, meskipun anda sedang malas makan atau sibuk dengan pekerjaan. Sediakan crackers, biskuit marie atau roti tawar setiap saat agar anda bisa mencegah perut anda terlalu kosong, baik ketika di rumah, perjalanan atau di tempat kerja.
  2. Hindari makanan pedas, berbumbu dan makanan berlemak – yang akan merangsang produksi lebih banyak asam lambung dan memperparah kondisi tukak. Contoh: kari ayam, gule kambing, gado-gado, rending.
  3. Selama pengobatan, hindari makan makanan yang perlu dikunyah dan dicernakan cukup lama. Contoh: nasi, ayam goreng, ayam bakar. Sebagai gantinya: bubur, nasi tim, roti tawar, agar, ikan bakar / presto.
  4. Berhenti merokok: karena kandungan nikotin dari rokok akan memperlambat proses penyembuhan.
  5. Kurangi stress: ambil cuti bila perlu, beristirahat dan tidur lebih banyak.

 

Sumber :

 

  1. http://patient.info/health/stomach-gastric-ulcer
  2. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peptic-ulcer/diagnosis-treatment/treatment/txc-20231747
  3. http://my.clevelandclinic.org/health/articles/peptic-ulcer-disease
  4. http://www.webmd.com/search/search_results/default.aspx?query=peptic%20ulcer%20disease