INFEKSI JAMUR PADA KUKU (TINEA UNGUIUM)

Ternyata kuku juga dapat mengalami infeksi jamur lho. Nah apa tanda dan gejalanya serta bagaimana penanganannya?


Infeksi jamur kuku atau dalam bahasa medis tinea unguium adalah kondisi umum yang dimulai dengan bintik putih atau kuning di bawah ujung kuku tangan atau kuku jari kaki. Infeksi jamur yang parah dapat menyebabkan kuku menghitam, menebal, dan hancur di tepi. Infeksi ini dapat mempengaruhi beberapa kuku tetapi biasanya tidak semua kuku terinfeksi.
Jika infeksi jamur pada kuku masih tergolong ringan maka tidak membutuhkan pengobatan. Namun terkadang infeksi jamur kuku dapat menyebabkan nyeri dan penebalan kuku sehingga membutuhkan perawatan dan pengobatan.

Penyebab infeksi jamur pada kuku
Infeksi jamur kuku pada umumnya disebabkan oleh jamur dermatofita. Jamur adalah organisme mikroskopis (tidak dapat dilihat dengan mata telanjang) yang tidak membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Beberapa jamur memiliki fungsi atau kegunaan yang menguntungkan. Namun lainnya menyebabkan penyakit dan infeksi. Jamur hidup ditempat yang hangat dan lingkungan yang lembab. Ragi dan jamur juga dapat menyebabkan infeksi jamur pada kuku. Jamur dapat menginfeksi kulit melalui luka. Berikut beberapa penyebab terjadinya infeksi jamur pada kuku :

Infeksi jamur pada kaki lebih sering terjadi daripada pada tangan, hal ini disebabkan oleh :

Tanda dan gejala infeksi jamur pada kuku
Seringkali infeksi jamur hanya terjadi pada satu kuku,namun kuku yang lain memiliki kemungkinan akan tertular. Berikut tanda dan gejala  terjadinya infeksi jamur pada kuku :

Penanganan infeksi jamur pada kuku
Infeksi jamur pada kuku yang termasuk ringan dan tidak menyebabkan gejala tidak memerlukan terapi pengobatan karena :

Perawatan untuk kuku yang terinfeksi jamur dapat dilakukan untuk membantu mempercepat penyembuhan. Perawatan dapat dilakukan dengan atau tanpa terapi pengobatan. Berikut beberapa perawatn yang dapat dilakukan :

Terapi pengobatan perlu dilakukan jika mengalami kondisi seperti :

Sebagai tahap awal pengobatan untuk infeksi jamur pada kuku maka Anda dapat berkonsultasi kepada Apoteker untuk mendapatkan terapi pengobatan tanpa resep yang tepat. Jika terapi pengobatan tahap awal tidak memberikan hasil terapi maka dapat berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan yang membutuhkan resep.

Terapi pengobatan untuk infeksi jamur pada kuku dapat  berupa :

Berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan beberapa tindakan untuk menyembuhkan infeksi jamur pada kuku, seperti pencabutan kuku. Jika infeksi kuku termasuk pada kondisi yang berat atau sangat menyakitkan maka Dokter akan menyarankan pencabutan kuku. Kuku akan dapat tumbuh kembali setelah dicabut, namun memerlukan waktu yang lama.

Terjadinya pertumbuhan kuku baru merupakan tanda berhasilnya terapi pengobatan untuk infeksi jamur pada kuku. Jamur yang dibunuh akan tetap berada pada kuku hingga terjadi pertumbuhan pada kuku dan kuku yang terinfeksi dapat dipotong.

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nail-fungus/basics/lifestyle-home-remedies/con-20019319
  2. http://patient.info/health/fungal-nail-infections-tinea-unguium