BAHAN KOSMETIK BERBAHAYA

Saat ini ada banyaknya jenis kosmetik yang terdapat di pasaran seringkali membuat kaum wanita sulit untuk menentukan produk mana yang bagus dan aman. Tak jarang banyak wanita menginginkan hasil maksimal dengan jangka waktu pemakaian singkat tanpa memikirkan efek samping yang dapat terjadi dalam jangka panjang karena pemakaian rutin.


Mayoritas wanita suka menggunakan kosmetik sebagai pendukung kecantikan. Dengan kosmetik seorang wanita bisa tampil lebih percaya diri khususnya ketika tampil di acara-acara tertentu. Dengan menggunakan kosmetik, seorang wanita dapat selalu tampil cantik dan segar.
Menurut Permenkes No. 445 tahun 1998 kosmetik adalah sediaan atau perpaduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ kelamin luar), gigi, dan rongga mulut yang berfungsi untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampilan, melidungi agar tetap dalam keadaan sehat, memperbaiki bau badan. Tetapi tidak difungsikan untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit.

Berikut beberapa bahan kimia yang dapat memberikan dampak buruk bila dipakai secara rutin :

Untuk membantu mengatasi kemungkinan buruk mengalami efek samping dari penggunaan kosmetik dengan kandungan berbahaya maka kaum wanita dapat memilih kosmetik yang terjamin keamanan dan kualitasnya. Dibawah ini cara untuk memilih kosmetik yang aman dan sehat :

Memastikan bahan yang terdapat pada kosmetik aman. Anda perlu memperhatikan zat yang dapat membahayakan kulit.

Sumber :

  1. http://www.ppjk.depkes.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1010&catid=52:opini&Itemid=60
  2. Permenkes No. 445/MENKES/PER/V/1998 Tentang Bahan, Zat Warna, Substratum, Zat Pengawet, dan Tabir Surya pada Kosmetika.