KONTRASEPSI IUD (INTRA UTERIN DEVICE)

Salah satu jenis alat kontrasepsi adalah IUD atau Intra Uterin Device. Dalam masyarakat awam dikenal dengan KB Spiral. Apa bedanya dengan kontrasepsi lainnya?


Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau yang dalam masyarakat lebih dikenal sebagai KB spiral atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai Intrauterine device (IUD). AKDR adalah perangkat kecil yang pada umumnya berbentuk T  terbuat dari plastik dan tembaga yang diletakkan didalam rahim (uterus). Terdapat benang pada AKDR yang menggantung pada leher rahim (cervix) hingga ke dalam vagina.

 

Jenis KB Spiral

KB spiral tembaga dimasukkan ke dalam rahim untuk mengendalikan kelahiran dalam jangka panjang. KB spiral tembaga dapat digunakan hingga 10 tahun. KB spiral berbentuk T ini memiliki kawat tembaga yang melingkar disekitar batang dan pada kedua lengan. KB spiral tembaga membentuk reaksi inflamasi didalam rahim yang dapat merusak sperma, sehingga dapat mencegah pembuahan.

Mekanisme kerja KB Spiral
Kedua jenis KB spiral ini mencegah pembuahan telur dengan merusak atau membunuh sperma dan juga mempengaruhi lapisan rahim (tempat telur yang telah dibuahi bertumbuh).

 

Keuntungan penggunaan KB Spiral

 

Masalah atau kerugian penggunaan KB Spiral

 

Berikut beberapa kondisi yang memerlukan penanganan dokter secara cepat :

 

Sumber :

  1. http://www.webmd.com/sex/birth-control/intrauterine-device-iud-for-birth-control
  2. http://www.nhs.uk/conditions/contraception-guide/pages/iud-coil.aspx
  3. http://patient.info/health/intrauterine-contraceptive-device-leaflet