GONDOKAN

Penyakit gondok merupakan kondisi dimana terjadi pembesaran kelenjar tiroid. Sebagian besar orang mengetahui penyebabnya karena kekurangan zat Iodium. Tapi ternyata penyebabnya tidak hanya satu. Apa saja penyebab lainnya?


Gondok atau yang biasa disebut goitur atau struma adalah terjadinya pembesaran abnormal kelenjar tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher dan tepat dibawah jakun. Gondok biasanya tidak menimbulkan rasa sakit tetapi gondok dapat menyebabkan batuk dan sulit untuk menelan atau bernafas.

Penyebab paling umum dari gondok diseluruh dunia adalah kurangnya yodium dalam makanan. Penyebab lain dari gondok adalah disebabkan oleh kelebihan atau kekurangn produksi hormon tiroid. Pengobatan pada gondok tergantung pada ukuran, gejala dan penyebab gondok. Gondok kecil yang tidak terlihat dan tidak menyebabkan masalah biasanya tidak membutuhkan pengobatan.

Terdapat dua jenis benjolan pada pembengkakan tiroid :

Tanda dan gejala Gondok
Tidak semua gondok dapat menyebabkan tanda dan gejala. Namun ketika terjadi tanda dan gejala, berikut tanda dan gejala yang dapat terjadi :

  1. Terjadi bengkak di bagian pangkal leher yang dapat terlihat sangat jelas ketika jenggot dicukur.
  2. Mengalami rasa ketat pada tenggorokan.
  3. Mengalami batuk
  4. Mengalami suara serak
  5. Mengalami kesulitan menelan
  6. Mengalami kesulitan bernafas

Penyebab Gondok
Kelenjar tiroid menghasilkan dua hormon penting yaitu thyroxine (T-4) dan triiodothyronine (T-3). Hormon-hormon ini beredar dalam aliran darah dan membantu mengatur metabolisme tubuh. Hormon tersebut mempertahankan kadar lemak dan karbohidrat didalam tubuh, membantu mengontrol suhu tubuh, mempengaruhi detak jantung, membantu mengatur produksi protein.
Sejumlah faktor dapat menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid, berikut beberapa yang paling umum :

Faktor resiko Gondok
Gondok dapat menyerang siapa saja, dapat terjadi saat bawaan lahir dan dapat terjadi kapan saja. Berikut beberapa faktor resiko  untuk gondok :

Penanganan Gondok
Terapi pada gondok tergantung pada ukuran gondok, tanda dan gejala, dan penyebab gondok. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi untuk :

Pencegahan Gondok

Perbedaan Gondok dan Gondong
Penyakit gondok disebabkan oleh gangguan hormon tiroid dan biasanya memicu terjadinya pembengkakan di leher. Sementara penyakit gondong disebabkan oleh virus dan dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar air ludah.

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/goiter/manage/ptc-20264969
  2. http://patient.info/health/goitre-thyroid-swelling