GONDONGAN (MUMPS)

Sebagian besar dari kita tentu pernah mendengar bahkan melihat seseorang terkena gondong. Di beberapa daerah, gondong diberi olehsan semacam bedak dingin yang berwarna biru. Namun, bagaimanakah sebetulnya penanganannya?


Mumps atau Parotitis yang dalam masyarakat lebih dikenal sebagai penyakit gondong adalah infeksi virus paramyxovirus. Paramyxovirus mempengaruhi kelenjar parotis yang merupakan salah satu dari tiga pasang kelenjar air liur (saliva) yang terletak dibawah dan didepan telinga. Gondong dapat menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua kelenjar parotis.

Gondong merupakan penyakit yang sangat menular dan virus berada pada air liur. Penyakit ini memiliki cara penularan yang sama dengan pilek atau flu yaitu dapat terinfeksi melalui batuk, bersin, dll. Penularan juga dapat terjadi jika menyentuh benda-benda yang terinfeksi misalnya, gagang pintu. Gondong dapat berkembang seperti menjadi penyebab gangguan pendengaran. Tidak ada pengobatan khusus untuk gondong. Namun gondong dapat dicegah dengan menggunakan vaksinasi.

Penyebab Gondong
Penyebab gondong adalah virus gondong yang menyebar dengan mudah dari orang ke orang melalui air liur yang terinfeksi. Jika belum mendapatkan vaksin, maka infeksi virus gondong mungkin untuk didapatkan jika menghirup tetesan air liur orang yang terinfeksi yang baru saja bersin atau batuk. Infeksi gondong mungkin didapatkan melalui penggunaan peralatan makan atau cangkir  dengan seseorang yang terinfeksi gondong.

Tanda dan gejala Gondong
Beberapa orang yang terinfeksi virus gondong tidak memiliki tanda dan gejala yang sangat ringan sekalipun. Tanda dan gejala umum dari infeksi ini adalah

  1. Demam
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri otot
  4. Kelelahan dan lemas
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Terjadi pembengkakan dan rasa nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar parotis.
  7. Merasa nyeri ketika mengunyah dan menelan

Tanda dan gejala dapat berkembang dan muncul sekitar dua sampai tiga minggu setelah terpapar virus.

Penanganan Gondong
Penyebab gondong adalah karena infeksi virus sehingga penggunaan antibiotik tidak efektif untuk gondong. Pada umumnya anak-anak dan orang dewasa akan pulih dari gondong dalam waktu sekitar dua minggu. Terapi pengobatan dilakukan untuk membantu mengurangi gejala yang terjadi seperti :

Pencegahan Gondong
Pencegahan terjadinya infeksi gondong dapat dilakukan dengan pemberian vaksin. Pemberian vaksin dapat dilakukan dalam 2 dosis dan direkomendasikan sebelum masuk sekolah :

Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk penggunaan vaksin karena terdapat beberapa kondisi yang tidak bisa mendapatkan vaksin seperti :

 

Sumber:

  1. http://patient.info/health/mumps-leaflet
  2. https://www.cdc.gov/mumps/about/signs-symptoms.html