KONTRASEPSI IMPLAN

Salah satu jenis kontrasepsi yang juga digunakan di Indonesia adalah kontrasepsi implant atau dalam bahasa umum dikenal dengan istilah KB Susuk. Siapa saja yang cocok menggunakan kontrasepsi susuk ini?


Kontrasepsi implan atau yang lebih dikenal dengan KB Susuk adalah pemasangan alat yang diletakkan dibawah kulit dan akan melepaskan dosis kontrasepsi secara berkala sehingga tidak perlu mengambil pil setiap hari. Kontrasepsi implan ini mengandung hormon progestogen.

Bagaimana cara kerjanya?
Hormon progestogen pada implan disebut etonogestrel. Hormon tersebut akan dilepaskan kedalam aliran darah dengan lambat dan stabil. Progestogen bekerja dengan cara menghentikan proses ovulasi (pelepasan telur dari ovarium). Progestogen juga bekerja dengan membentuk lendir pada leher rahim (cervix) sehingga sperma tidak dapat  menembus rahim. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadi nya pembuahan sel oleh sperma.

 

Keuntungan penggunaan Kontrasepsi Implan

 

Kerugian penggunaan Kontrasepsi Implan

 

Bagaimana Kontrasepsi implan dimasukkan kedalam kulit?

Kapan harus ke Dokter atau Bidan untuk kontrol?
Anda tidak membutuhkan pemeriksaan rutin oleh Dokter atau Bidan setelah melakukan pemasangan implan. Namun Anda butuh kembali ke Dokter atau Bidan jika mengalami beberapa kondisi berikut :

Kapan Kontrasepsi Implan dikeluarkan?
Penggantian implan dapat dilakukan setiap tiga tahun jika masih ingin melanjutkan kontrasepsi dengan cara implan. Untuk mengeluarkan implan dibutuhkan pembedahan kecil dengan menggunakan anastesi/bius lokal. Kontrasepsi implan yang telah dipasang dapat diambil sewaktu-waktu dan kondisi kesuburan alat reproduksi akan kembali normal.

 

Sumber :

  1. http://patient.info/health/contraceptive-implant
  2. http://alatkontrasepsi.org/jenis-alat-kontrasepsi/
  3. http://alatkontrasepsi.org/alat-kontrasepsi-kb/