TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)

Siapa yang tidak mengenal penyakit 'Tekanan Darah Tinggi'. Bahkan sebagian orang mendengarnya saja sudah khawatir. Apa yang membuat orang menjadi khawatir? Apakah benar ini merupakan penyakit keturunan?


Tekanan darah merupakan tekanan yang mengalir melalui pembuluh darah melawan dinding pembuluh darah.Tekanan darah tergantung pada:

Saat kita melakukan pengukuran tekanan darah, maka akan ada 2 macam tekanan darah yaitu
Tekanan darah sistolik
- Merupakan angka pertama pada tekanan darah yang terbaca.
- Sistolik mengacu pada tekanan darah ketika memompa darah melalui pembuluh darah arteri ke seluruh tubuh.

Tekanan darah diastolik
- Merupakan angka kedua pada tekanan darah yang terbaca.
- Diastolik mengacu pada tekanan darah ketika jantung beristirahat diantara ketukan dneyut jantung.

Pada kondisi normal tekanan darah dapat naik dan turun sepanjang hari. Tetapi jika tetap tinggi untuk waktu yang cukup lama maka hal ini lah yang disebut menderita hipertensi. Menderita hipertensi berarti tekanan pada darah didalam pembuluh darah lebih tinggi dari yang seharusnya dan menyebabkan kondisi yang berbahaya. Karena hal ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Pada umumnya ketika mengalami kenaikan tekanan darah melebihi rentang normal seseorang  tidak merasakan atau memiliki tanda dan gejala. Beberapa orang hanya merasa sakit kepala, sesak nafas atau mengalami mimisan, namun tidak ada tanda dan gejala yang spesifik terkait kenaikan tekanan darah yang melebihi rentang normal. Oleh sebab itu penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai “silent killer”.

Rentang normal tekanan darah

Usia

Tekanan Darah Normal

18-59 tahun

<140/90mmHg

>60 tahun

<150/90mmHg

Penderita Diabetes Melitus, penderita penyakit pada ginjal, penyakit pada jantung, wanita hamil.

<140/90mmHg

Jenis Tekanan Darah Tinggi
Terdapat dua jenis hipertensi yang dapat dikelompokkan :

Primary Hypertension
Tidak ada penyebab yang jelas untuk terjadinya hipertensi. Pada jenis ini hipertensi cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun.

Secondary Hypertension
Pada beberapa orang dapat mengalami hipertensi karena suatu kondisi yang dialami. Hipertensi jenis ini cenderung terjadi tiba-tiba dan biasanya lebih tinggi dari  primary hypertension. Berikut beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya secondary hipertensi :

Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab tekanan darah tinggi. Sebagian besar penderita tekanan darah tinggi tidak memiliki penyebab tunggal. Tekanan pada pembuluh darah tergantung pada beberapa hal seperti:

Faktor Resiko Hipertensi
Meskipun penyebab utamanya belum diketahui namun beberapa factor resiko berikut ini turut memberikan kontribusi terhadap munculnya tekanan darah tinggi.

Komplikasi Tekanan Darah Tinggi.
Jika kondisi tekanan darah tinggi tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi komplikasi seperti

Penanganan dan pencegahan Tekanan Darah Tinggi
Mengubah gaya hidup dapat membantu mengontrol tekanan darah. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengontrol tekanan darah:

Melakukan monitoring tekanan darah setiap hari. Hal ini berguna untuk melihat apakah obat bekerja secara efektif. Jangan menghentikan obat atau mengubah waktu pemakaian obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber :

  1. https://www.cdc.gov/bloodpressure/
  2. https://www.cdc.gov/bloodpressure/about.htm
  3. http://www.pharmacytimes.com/news/the-jnc-8-hypertension-guidelines-an-in-depth-guide
  4. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/basics/lifestyle-home-remedies/con-20019580
  5. http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20046098
  6. https://nyatetresep.wordpress.com/konversi-ukuran-satuan-ukuran-yang-biasa-digunakan-dalam-resep/
  7. http://watchlearnlive.heart.org/CVML_Player.php?moduleSelect=bpanat
  8. http://patient.info/health/high-blood-pressure-hypertension
  9. http://www.heart.org/HEARTORG/Conditions/HighBloodPressure/UnderstandYourRiskforHighBloodPressure/Understand-Your-Risk-for-High-Blood-Pressure_UCM_002052_Article.jsp#.WBnCQtV97IU