TEKANAN DARAH RENDAH

Pernahkah anda merasakan hal yang tidak nyaman ketika tiba-tiba berdiri dari posisi duduk? Sebagian orang mengatakan itu adalah tekanan darah rendah. Namun sebagian lagi mengatakan hal itu tanda dan gejala anemia.


Tekanan darah adalah tekanan yang terjadi pada dinding pembuluh darah arteri selama fase aktif dan istirahat di setiap detak jantung. Berikut adalah arti dari angka pada tekanan darah :

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi dimana tekanan darah jauh lebih rendah dari normal dan dapat menyebabkan gejala seperti pusing. Tekanan darah rendah berada pada rentang :

Pengukuran tekanan darah dapat berubah dalam waktu singkat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti posisi tubuh, ritme pernafasan, tingkat stress, kondisi fisik, obat-obatan yang dikonsumsi, dan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tekanan darah biasanya akan rendah pada malam hari dan akan meningkat pada pagi hari.

 

Tanda dan Gejala
Pada umumnya tekanan darah rendah merupakan sinyal yang diberikan tubuh terkait terjadinya masalah dalam tubuh, terutama jika penurunan tekanan darah terjadi secara tiba-tiba dan drastis.
Berikut tanda dan gejala terjadinya tekanan darah rendah :

 

Penyebab Tekanan Darah Rendah
Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah :

 

Pengelompokkan Tekanan Darah Rendah
Berdasarkan penyebabnya, tekanan darah rendah dapat dibagi menjadi beberapa tipe:

Faktor Resiko Tekanan Darah Rendah
Tekanan  darah rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor resiko seperti :

Penanganan Tekanan Darah Rendah
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah :

 

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/basics/treatment/con-20032298
  2. http://patient.info/doctor/hypotension