KELOID

Keloid adalah pertumbuhan berlebih dari jaringan yang berkembang disekitar luka. Keloid biasa tumbuh setelah luka sudah sembuh dan melampui batas-batas luka asli. Apa penyebabnya?


Keloid adalah pertumbuhan berlebih dari jaringan yang berkembang disekitar luka. Keloid biasa tumbuh setelah luka sudah sembuh dan melampui batas-batas luka asli. Penyebab pasti keloid belum dapat diketahui. Keloid dapat berkembang setelah terjadi jerawat, bisul, luka bakar, dan luka bedah. Hal-hal yang dapat mempengaruhi terjadinya keloid adalah hormon, masalah kekebalan tubuh, dan faktor genetik.

Tanda dan Gejala Keloid
Keloid pada umumnya mulai berkembang sekitar tiga bulan setelah luka pada kulit asli. Hal pertama yang dapat diperhatikan adalah adanya jaringan yang mulai tumbuh melampaui batas-batas luka. Disekitar luka menjadi lembut, gatal, nyeri atau memberikan sensasi terbakar. Terkadang keloid tumbuh tanpa luka kulit yang jelas. Keloid dapat berubah warna dari warna merah asli berubah menjadi coklat atau menjadi pucat.
Pertumbuhan keloid dapat terus menerus selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Terkadang pertumbuhan keloid lambat namun juga kadang mengalami pembesaran yang cepat. Setelah berhenti tumbuh bekas luka keloid memiliki ukuran yang tetap atau lebih kecil.

Penanganan Keloid
Bekas luka keloid dapat menyusut dari waktu ke waktu tetapi jarang bisa menghilang sepenuhnya. Keloid yang kecil dapat tidak mengganggu penampila namun pada beberapa orang keloid dapat mengganggu penampilan. Tidak ada pengobatan atau perawatan yang dapat efektif menghilangkan keloid. Berikut beberapa hal yang dapat membantu menghilangkan keloid :

  1. Terapi pengobatan dengan golongan obat streoid.
  2. Tindakan operasi.
  3. Terapi laser.

 

Pencegahan Keloid
Jika berada dalam kelompok yang beresiko atau sudah memiliki keloid maka harus menghindari tindikan, tato dan operasi bedah plastik yang tidak perlu. Jika menderita jerawat maka harus dapat memastikan dilakukan perawatan secara efektif mulai dari tahap awal agar tidak terdapat bekas luka.

 

Sumber :

  1. http://patient.info/health/keloid-leaflet
  2. http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tc/keloid-scars-topic-overview#1