BATU GINJAL

Mungkin sebagian orang akan merasa ngeri ketika mendengar tentang Batu Ginjal. Yang terbayang adalah nyeri saat buang air kecil hingga proses operasi pengeluaran batu ginjal itu sendiri. Selain itu, ternyata penyebab munculnya batu ginjal itu sendiri beragam, bukan hanya kurang minum saja lho. Lalu benarkah semua batu ginjal dikeluarkan dari dalam tubuh harus dengan proses operasi? Atau bisa dengan cara lainnya?


Batu ginjal sebetulnya bagaikan kerikil yang berada di dalam ginjal yang terbentuk dari garam dan beberapa mineral. Belum diketahui bentuk dari batu ginjal yang sebenarnya. Batu ginjal dapat berukuran kecil dan besar. Sebuah batu ginjal terkadang tidak menyebabkan masalah namun dapat menyebabkan timbulnya nyeri. Beberapa batu ginjal yang berukuran kecil akan keluar bersamaan dengan urin. Namun beberapa batu dapat tertinggal pada ginjal atau di dalam saluran kencing. Batu yang tertinggal tersebut dapat menyebabkan masalah dan gejala.
Ada berbagai pilihan pengobatan yang dapat digunakan untuk menghilangkan batu ginjal. Mengkonsumsi banyak air dapat mencegah kambuhnya batu ginjal.

Tanda dan Gejala Batu Ginjal
Batu ginjal tidak akan memberikan gejala hingga batu tersebut berpindah ke tabung yang menghubungkan ginjal dan saluran kemih. Ketika hal itu terjadi maka akan muncul tanda-tanda dan gejala seperti berikut :

Penyebab Batu Ginjal

Mengetahui jenis bantu ginjal membantu menentukan penyebab dan dapat memberi petunjuk tentang cara mengurangi resiko terkena batu ginjal. Berikut beberapa jenis batu ginjal :

 

Faktor Resiko Batu Ginjal
Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal :

 

Pencegahan Batu Ginjal
Berikut beberapa cara pencegahan batu ginjal :

  1. Mengkonsumsi lebih banyak air putih
    Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak bertujuan untuk menjaga agar urine tetap encer. Hal ini dapat mencegah menumpuknya kristal untuk terbentuk batu. Anda membutuhkan mengkonsumsi air putih 2-3 liter sehari (kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya jika Anda memiliki masalah medis lainnya).
  2. Untuk beberapa orang yang memiliki kandungan tinggi bahan-bahan kimia tertentu dalam tubuh, maka dapat diberikan :
    - Mengatur pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium oksalat seperti kopi dan bayam.
    - Mengkonsumsi obat untuk menurunkan kristal asam urat, jika memiliki kadar kristal purin tinggi.
    - Berkonsultasi dengan dokter.

 

Penanganan Batu Ginjal

  1. Batu yang berukuran kecil dengan gejala ringan
    Kebanyakan batu ginjal tidak memerlukan pengobatan. Batu ginjal yang kecil dapat dihilangkan dengan beberapa cara berikut :
    - Mengkonsumsi air. Mengkonsumsi air minimal 2-3 liter dalam sehari dapat membantu batu ginjal untuk keluar dari saluran kencing. Kecuali bila Dokter memberikan arahan sebaliknya.
    - Pereda nyeri. Mengeluarkan batu ginjal yang memiliki ukuran kecil, terkadang memberikan rasa tidak nyaman. Untuk meredakan nyeri maka berkonsultasilah dengan Dokter untuk mendapatkan obat pereda nyeri.
    - Terapi pengobatan
  2. Batu yang berukuran besar dan menimbulkan beberapa gejala
    Batu ginjal yang tidak dapat diobati dengan tindakan sederhana karena berukuran terlalu besar untuk dapat keluar sendiri atau karena dapat menyebabkan pendarahan, kerusakan ginjal atau infeksi saluran kemih yang sedang terjadi. Berikut beberapa penanganan yang dibutuhkan :
    - Menghancurkan batu. Untuk batu ginjal tertentu tergantung pada ukuran dan lokasi, Dokter dapat merekomendasikan prosedur yang disebut Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).  ESWL menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran yang kuat untuk memecahkan batu menjadi potongan-potongan kecil sehingga bisa keluar melalui urin.
    - Pembedahan untuk mengambil batu yang sangat besar pada ginjal.

 

Sumber :

  1. http://patient.info/health/kidney-stones
  2. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-stones/basics/symptoms/con-20024829