DIABETES GESTASIONAL

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar bahkan melihat bayi yang lahir dengan berat badan yang besar. Sekilas terlihat lucu dan menggemaskan ya? Namun ternyata hal ini merupakan suatu tanda dan gejala dari Diabetes Gestasional. Nah, apa tiu Diabetes Gestasional? Dan bagaimana mengatasinya?


Diabetes pada kehamilan atau dalam bahasa medis disebut diabetes gestasional adalah peningkatan kadar gula dalam darah selama masa kehamilan dan biasanya akan kembali normal setelah melahirkan. Diabetes jenis ini muncul akibat kondisi berikut:

Hormon yang muncul pada masa kehamilan dapat menyebabkan beberapa hal seperti :

Diabetes Gestasional ini terjadi pada 3 – 5% dari wanita hamil dan dapat berulang pada kehamilan berikutnya. Diperkirakan 50% dari GDM akan mendapatkan diabetes tipe 2 yang permanen beberapa tahun kemudian.

 

Faktor Resiko
Apakah semua wanita hamil akan mengalami Diabetes Gestasional? Jawabannya tentu tidak. Namun ada beberapa wanita yang memiliki resiko akan mengalami diabetes jenis ini, yaitu

Diabetes gestasional harus ditangani dengan benar karena jika tidak akan dapat menyebabkan bayi tumbuh lebih besar dari yang seharusnya sehingga menyulitkan proses melahirkan dan perlu operasi Caesar.

 

Penanganan Diabetes Gestasional
Untuk menjaga agar bayi yang dikandung tetap sehat dan menghindari komplikasi selama kehamilan dan persalinan maka dapat dilakukan terapi dan pengobatan seperti :

 

Upaya Pencegahan
Tidak ada jaminan untuk mencegah terjadinya diabetes gestasional tetapi kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan sebelum kehamilan. Tetapi jika memiliki riwayat genetik dan penyakit, kebiasaan hidup sehat dapat menurunkan resiko terjadinya diabetes gestasional. Upaya yang dapat dilakukan sebelum terjadinya kehamilan adalah :

  1. Mengkonsumsi makan sehat
    Mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi serat, rendah lemak, dan rendah kalori. Mengkonsumsi buah dan sayuran dapat mencegah terjadinya diabetes gestasional.
  2. Melakukan aktifitas fisik
    Melakukan aktifitas fisik setiap hari selama 30 menit secara rutin. Aktifitas fisik yang dapat dilakukan seperti berjalan, bersepeda dan senam.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal
    Apabila memiliki berat badan lebih dari berat badan ideal maka dapat dilakukan upaya untuk menurunkan berat badan menjadi ideal. Jika berat badan sudah ideal, maka perlu menjaga pola makan dan aktifitas sehari-hari agar tetap ideal.

 

Sumber :

  1. http://patient.info/doctor/gestational-diabetes
  2. http://patient.info/health/pregnancy-and-diabetes
  3. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gestational-diabetes/basics/treatment/con-20014854