TETAP SEHAT DI MUSIM HUJAN

Musim hujan telah tiba. Kita perlu mempersiapkan dan membekali tubuh kita agar tetap fit dan sehat.


Perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan tak jarang membuat tubuh kita mudah terserang penyakit. Mulai dari batuk, pilek, diare bahkan yang parah seperti demam berdarah akan dengan mudah menyerang tubuh kita. Apalagi jika kekebalan tubuh kita menurun.

Ada banyak cara untuk menjaga kekebalan tubuh kita agar tidak mudah sakit, yaitu:

  1. Mencuci tangan
    Bakteri dan virus pertama kali akan hinggap di tangan ketika kita memegang gagang pintu atau pegangan tangga yang telah terinfeksi. Cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air setelah menyentuh benda di tempat umum. Mencuci tangan yang tepat dengan 7 langkah dalam waktu 20 detik.
  2. Jangan menyentuh wajah
    Virus influenza dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut. Pakailah serbet bersih atau sapu tangan ketika ingin mengusap atau menyentuh wajah.
  3. Menjauhkan tubuh dari air kotor
    Ketika hujan yang deras pada beberapa wilayah akan mengalami banjir karena selokan yang tersumbat adalah pemandangan yang umum selama musim hujan. Genangan air dan banjir adalah sumber penyakit yang membawa penyakit seperti diare, infuenza, kolera dan infeksi kulit. Gunakan jaket dan sepatu boot untuk banjir.
  4. Tidak jajan sembarangan
    Makanan yang dijual dipinggir jalan yangterbuka dan kontak langsung dengan udara luar dapat menjadi sumber penyakit. Makanan –makanan tersebut kontak langsung dengan bakteri dan virus yang bertebaran di udara. Ketika musim hujan alangkah lebih baik untuk mengkonsumsi makanan masakan rumah.
  5. Menjaga kebersihan lingkungan
    Populasi nyamuk akan semakin tinggi selama musim hujan karena air yang tergenang sehingga banyak tempat untuk nyamuk berkembang biak. Untuk mencegah perkembang biakan nyamuk maka perlu menjaga kebersihan lingkungan seperti didalam dan sekitar rumah.
  6. Mengkonsumsi makanan sehat
    Mengkonsumsi makanan sehat seperti pada piramida makanan yaitu makanan dengan komposisi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang seimbang.
  7. Menjaga kebersihan makanan
    Mencuci buah, sayuran dan daging dengan benar sebelum memasak adalah salah satu langkah juga yang bisa dilakukan untuk mencegah tubuh terinfeksi bakteri dan virus.
  8. Berolahraga secara rutin
    Melakukan olahraga atau aktifitas fisik setiap hari minimal 30 menit dapat membantu menjaga kebugaran tubuh.
  9. Mengkonsumsi vitamin dan suplemen
    Jika diperlukan dapat mengkonsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan suplemen yang dapat digunakan seperti vitamin C dan multivitamin.
  10. Memperhatikan pola tidur
    Udara dingin dapat membuat orang bermalas-malasan  dan lebih suka tidur daripada beraktifitas. Tidur yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan menurunkan kemampuan tubuh. Tidur pada malam hari selama 8-9 jam dan siang hari selama 30-60 menit untuk menjaga kondisi sistem kekebalan ac

Dengan menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tubuh akan siap menghadapi perubahan musim dan cuaca.

 

Sumber :

  1. http://www.rappler.com/life-and-style/wellness/30635-tips-stay-healthy-rainy-season
  2. http://completewellbeing.com/article/monsoon-health-tips/