DAFTAR MAKANAN (per 100g) DAN KANDUNGAN KOLESTEROL

Jika kita melihat ragam makanan yang begitu banyak, kita sering bingung menentukan makanan mana yang boleh dikonsumsi setiap hari dan mana yang tidak. Tidak jarang kita menjaga pola makan hanya berdasarkan 'kata orang'. Namun kita perlu mengetahui dengan pasti apakah sumbernya dapat dipercaya atau tidak.


Makanan adalah sumber energi. Dengan makanan kita memiliki tenaga untuk menjalani aktifitas setiap harinya. Makanan dengan berbagai jenisnya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun perlu diingat bahwa apapun yang kita makan tentu dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Salah satu kandungan yang ada didalam makanan adalah kolesterol. Boleh dikatakan bahwa kolesterol sangat memanjakan lidah kita. Artinya semakin enak makanan biasanya memiliki kadar kolesterol semakin tinggi. Sebagai contoh perbandingan adalah burger dan kentang goreng.

Melihat ragam makanan yang begitu banyak, kita sering bingung menentukan makanan mana yang boleh dikonsumsi setiap hari dan mana yang tidak. Tidak jarang kita menjaga pola makan hanya berdasarkan “kata orang”. Namun kita perlu mengetahui dengan pasti apakah sumbernya dapat dipercaya atau tidak.

Berikut adalah daftar 100g makanan dan kandungan kolesterolnya. Pada makanan yang termasuk kategori sehat dapat dikonsumsi setiap hari. Makanan yang hanya boleh dikonsumsi satu atau dua kali dalam satu minggu adalah yang berada pada kategori sekali-sekali. Untuk makanan yang berada dalam kategori hati-hati dan berbahaya hanya boleh dikonsumsi satu atau dua kali dalam satu bulan. Pada kategori pantang, makanan harus dihindari dan dapat dikonsumsi dalam porsi kecil.

 

Tabel ini dapat digunakan untuk membantu menjaga pola makan.

NO

NAMA MAKANAN (per 100gr)

KADAR KOLESTEROL (mg)

KATEGORI

1

Putih telur ayam

0

Sehat

2

Teripang

0

Sehat

3

Ubur-ubur

0

Sehat

4

Susu sapi tanpa lemak (non-fat)

0

Sehat

5

Daging ayam pilihan tanpa kulit

50

Sehat

6

Daging bebek pilihan tanpa kulit

50

Sehat

7

Ikan sungai biasa

55

Sehat

8

Daging sapi pilihan tanpa lemak

60

Sehat

9

Daging babi pilihan tanpa lemak

60

Sehat

10

Daging kelinci

65

Sehat

11

Daging kambing

70

Sehat

12

Ikan ekor kuning

85

Sehat

13

Daging asap

98

Sekali-sekali

14

Iga sapi

100

Sekali-sekali

15

Iga babi

105

Sekali-sekali

16

Daging sapi

105

Sekali-sekali

17

Burung dara

110

Sekali-sekali

18

Ikan bawal

120

Sekali-sekali

19

Daging sapi berlemak

125

Sekali-sekali

20

Lemak sapi

130

Sekali-sekali

21

Lemak kambing

130

Sekali-sekali

22

Daging babi berlemak

130

Sekali-sekali

23

Keju

140

Hati-hati

24

Sosis daging

150

Hati-hati

25

Kepiting

150

Hati-hati

26

Udang

160

Hati-hati

27

Kerang/ siput

160

Hati-hati

28

Belut

185

Hati-hati

29

Santan Kelapa

185

Hati-hati

30

Lemak babi

200

Hati-hati

31

Susu sapi

250

Berbahaya

32

Susu sapi krim

280

Berbahaya

33

Coklat (cacao)

290

Berbahaya

34

Mentega/margarine

300

Berbahaya

35

Jeroan sapi

380

Berbahaya

36

Jeroan babi

420

Berbahaya

37

Kerang putih/remis/tiram

450

Berbahaya

38

Telur ayam

500

Berbahaya

39

Jeroan kambing

610

Berbahaya

40

Cumi-cumi

1170

Hindari

41

Kuning telur ayam

2000

Hindari

42

Otak sapi

2300

Hindari

43

Otak babi

3100

Hindari

44

Telur burung puyuh

3640

Hindari

 

Sumber :

  1. www.itokindo.org