KOMEDO

Wajah bersih dan cerah adalah impian setiap orang terutama wanita. Namun apa jadinya jika komedo menghampiri?


Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul pada kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Folikel rambut adalah tempat tumbuhnya rambut yang terdapat pada seluruh tubuh. Komedo adalah jenis jerawat ringan yang biasanya terbentuk pada wajah, tetapi juga dapat muncul pada punggung, dada, leher, lengan, dan bahu.

Penyebab Komedo
Komedo terbentuk ketika terjadi penyumbatan pada pembukaan folikel rambut di kulit. Setiap folikel berisi satu rambut dan kelenjar minyak. Sel kulit mati dan minyak  menyumbat tempat pembukaan  folikel kulit sehingga menghasilkan benjolan yang disebut komedo. Jika kulit diatas benjolan tetap tertutup maka benjolan akan berwarna putih. Ketika kulit diatas benjolan terbuka , paparan udara akan menyebabkan benjolan berwarna hitam.

Beberapa faktor yang menyebabkan terbentuknya komedo :

  1. Badan menghasilkan minyak berlebihan.
  2. Terjadi penumpukkan bakteri (Propionibacterium acnes) pada kulit.
  3. Terjadi iritasi pada folikel rambut ketika sel kulit mati.
  4. Perubahan hormon yang dapat meningkatkan pembentukan minyak pada wanita yang sedang mengalami masa pubertas, periode menstruasi, mengkonsumsi obat untuk program kehamilan.
  5. Mengkonsumsi obat golongan kortikosteroid atau obat yang mempengaruhi hormon.

Tanda dan Gejala Komedo
Komedo mudah dikenali pada kulit karena warnanya yang gelap dan membuat kulit terasa kasar. Komedo tidak menimbulkan rasa sakit karena tidak meradang seperti jerawat. Jerawat terbentuk ketika bakteri menyerang penyumbatan di folikel rambut sehingga menyebabkan kemerahan dan peradangan.

 

Penanganan Komedo

  1. Pengobatan pada komedo
    Menggunakan obat bebas yang berfungsi untuk membantu menyembuhkan komedo dan jerawat dengan cara membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan meningkatkan pengelupasan kulit mati. Obat biasanya berbentuk cream dan gel yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol.
  2. Berkonsultasi dengan dokter
    Jika penggunaan obat bebas tidak dapat menyembuhkan komedo dan jerawat maka dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif.
  3. Tindakan untuk mengeluarkan komedo
    Berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk dilakukan tindakan seperti :
    Ekstraksi komedo. Tindakan mengeluarkan komedo dari kulit dengan memencet komedo dan menggunakan ekstrator untuk menghilangkan penyumbatan.
    Microdermabrasion. Tindakan menggunakan alat khusus dengan permukaan kasar seperti pasir untuk mengangkat kulit mati yang dilakukan oleh dokter. Tindakan ini berfungsi menghilangkan penyumbatan yang menyebabkan komedo.
    Chemical Peels. Tindakan ini berfungsi untuk menghilangkan penyumbatan dan mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan komedo. Tindakan ini menggunakan zat kimia yang kuat dioleskan pada kulit yang seiring waktu dapat menyebabkan pengelupasan kulit.
    Terapi penyinaran dan laser

Tindakan ini berfungsi untuk mengurangi pembentukan minyak, membunuh bakteri, mengobati komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan atas kulit.

 

Terapi Pencegahan Komedo

  1. Mencuci wajah secara teratur
    Mencuci wajah ketika bangun tidaur dan sebelum tidur untuk menghilangkan penumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Menggunakan sabun wajah yang lembut dan tidak membuat kulit merah atau teriritasi. Beberapa produk sabun wajah mengandung bahan antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
  2. Menggunakan produk yang tidak mengandung minyak
    Setiap produk kecantikan (make up) yang mengandung minyak dapat menyebabkan komedo. Memilih produk kecantikan yang bebas minyak untuk menghindari masalah pada kulit yang lebih buruk.
  3. Menggunakan scrub
    Menggunakan scrub dan masker yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah dapat membantu mengurangi pembentukan komedo.

 

Sumber :

  1. http://www.healthline.com/health/blackheads