RAMBUT RONTOK

Rambut adalah mahkota. Untuk itu kita menjaganya agar tetap indah. Namun apa yang terjadi jika rambut kita rontok? Apakah normal jika rambut kita gugur hingga 100 helai per hari?


Rambut rontok merupakan kondisi dimana terjadi hilangnya rambut ditempat biasanya tumbuh, umumnya di kepala. Sebetulnya dalam keadaan normal rambut akan gugur sebanyak 50-100 helai per hari. Namun gugurnya rambut lebih dari itu merupakan kondisi yang tidak biasa. Rambut rontok dapat memicu munculnya kebotakan.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab rambut rontok seperti faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau efek samping pengobatan. Rambut rontok dapat dialami siapa saja tanpa memandang usia.  Perawatan dapat dilakukan untuk pencegahan rambut rontok dan untuk memulihkan pertumbuhan rambut. Rambut rontok dapat bersifat sementara dan permanen.

Fase Pertumbuhan Rambut

  1. Fase anagen atau fase pertumbuhan pada kulit kepala berlangsung antara tiga sampai lima tahun dan rambut tumbuh sekitar 1cm per bulan. Durasi fase anagen bervariasi pada setiap orang dan hal tersebut menentukan panjang rambut yang akan tumbuh jika tidak dipotong.
  2. Fase catagen adalah fase lanjutan dari fase anagen dan fase tersebut berlangsung hingga dua minggu.
  3. Fase telogent berlangsung sekitar tiga bulan. Pada fase ini rambut berada difolikel namun tidak tumbuh.

Tanda dan Gejala

  1. Penipisan rambut diatas kepala.
    Ini adalah tanda dan gejala yang paling umum terjadi pada pria maupun wanita karena bertambahnya usia. Pada pria, penipisan rambut dimulai dari dahi dan membentuk garis huruf M. Pada wanita, biasanya mengalami penipisan pada bagian dalam rambut.
  2. Terdapat kebotakan pada bagian tertentu.
    Pada beberapa orang terjadi kebotakan pada bagian tertentu yang membentuk lingkaran-lingkaran sebesar koin. Dalam beberapa kasus, kulit menjadi gatal atau nyeri sebelum rambut rontok.
  3. Kehilangan rambut secara tiba-tiba.
    Sebuah trauma secara fisik atau trauma dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba. Kerontokkan rambut pada jenis ini menyebabkan penipisan rambut secara keseluruhan.
  4. Kehilangan rambut pada seluruh tubuh.
    Kondisi medis dan terapi pengobatan seperti kemoterapi dapat mengakibatkan hilangnya rambut diseluruh tubuh. Rambut akan kembali normal ketika terapi pengobatan dihentikan.
  5. Penyakit kulit pada kulit kepala
    Penyakit kulit pada kulit kepala dapat menyebabkan kerontokkan, kemerahan, dan pembengkakan.

 

Penyebab
Setiap hari kebanyakan orang mengalami kerontokan 50-100 helai rambut. Hal ini tidak menyebabkan penipisan pada rambut karena akan terjadi penumbuhan rambut. Rambut rontok dapat terjadi ketika terjadi siklus pertumbuhan rambut dan terjadi kerusakan folikel rambut.

Penyebab pasti kerontokan rambut belum diketahui namun biasanya berhubungan dengan faktor-faktor berikut :

  1. Faktor keturunan
    Penyebab paling umum kerontokkan rambut  adalah faktor keturunan. Kerontokan rambut karena faktor ini biasanya terjadi secara bertahap pada garis penipisan rambut. Tingkat kerontokkan rambut pada faktor keturunan ini juga dipengaruhi oleh usia.
  2. Perubahan hormon dan kondisi kesehatan
    Perubahan dan ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara. Hal ini dapat disebabkan karena kehamilan, melahirkan atau menopause, kadar hormon juga dipengaruhi oleh kelenjar thyroid.
  3. Terapi pengobatan
    Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh terapi pengobatan kanker, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan program kehamilan.

Faktor Resiko Kerontokan rambut
Beberapa faktor berikut dapat meningkatkan resiko kerontokan rambut :

  1. Faktor keturunan.
  2. Usia.
  3. Kekurangan nutrisi.
  4. Kondisi kesehatan.
  5. Kondisi emosional.

 

Penanganan
Saat ini terdapat banyak sekali obat yang efektif untuk digunakan untuk mengatasi  kerontokan rambut, namun pada beberapa kasus kerontokan rambut bersifat permanen. Terapi pengobatan rambut rontok harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan Dokter agar tujuan terapi dapat tercapai. Terapi pengobatan untuk rambut rontok dapat berupa obat, operasi, terapi laser.
Jika kerontokan rambut disebabkan oleh penyakit tertentu maka diperlukan pengobatan untuk penyakit yang diperlukan. Obat-obat yang digunakan sebagai terapi adalah untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsultasikan dengan dokter dan apoteker tentang penggunaan obat. Konsultasikan kepada apoteker terkait obat yang sedang dikonsumsi apakah terdapat obat yang memiliki efek samping menyebabkan kerontokan rambut.

 

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/basics/treatment/con-20027666
  2. http://patient.info/doctor/alopecia