SELULIT

Selulit merupakan hal yang paling menjadi perhatian bagi sebagian orang terutama wanita. Beberapa orang percaya bahwa selulit dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun ternyata seiring dengan berjalannya waktu selulit akan memudar.


Selulit atau strecth marks merupakan garis-garis yang sering muncul pada bagian perut, dada, pinggul, pantat, dan paha. Seiring waktu selulit dapat pudar. Selulit sangat umum terjadi pada wanita hamil, terutama selama trisemester terakhir. Pengobatan dapat membuat selulit memudar tetapi tidak akan benar-benar menghapusnya. Selulit tidak menyebabkan nyeri, namun beberapa orang merasa tidak percaya diri dengan kondisi kulitnya tersebut.

Tanda dan gejala Selulit
Selulit tidak terlihat sama pada setiap orang. Bentuk selulit tergantung pada lamanya seseorang memiliki selulit, penyebab selulit, letak selulit, dan jenis kulit Anda. Berikut beberapa bentuk selulit :

  1. Garis pada kulit
  2. Garis berwarna merah muda, hitam, biru atau ungu
  3. Garis berwarna terang yang memudar ke warna lebih terang
  4. Garis yang terdapat di perut, payudara, pinggul, pantat atau paha
  5. Garis yang meliputi daerah tubuh yang lebih luas

               

Penyebab Selulit
Selulit disebabkan oleh peregangan kulit. Keparahan selulit dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk keturunan, tingkat stress pada kulit dan tingkat hormon kortison. Kortison merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang dapat melemahkan serat elastis pada kulit.


Faktor resiko Selulit
Setiap orang dapat memiliki selulit, tetapi terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan untuk memiliki selulit. Berikut beberapa faktor tersebut :

  1. Faktor jenis kelamin.
    Wanita memiliki resiko lebih tinggi memiliki selulit.
  2. Faktor keturunan
    Memiliki anggota keluarga yang memiliki selulit meningkatkan resiko memiliki selulit.
  3. Faktor kehamilan
  4. Faktor kegemukan atau obesitas
  5. Mengkonsumsi obat golongan kortikosteroid

 

Penanganan Selulit
Selulit menimbulkan rasa tidak percaya diri karena memiliki tanda garis yang nampak pada kulit, tetapi selulit tidak memerlukan pengobatan atau perawatan medis. Selulit tidak berbahaya dan akan memudar dari waktu ke waktu. Pengobatan untuk selulit tidak dapat menghilangkan selulit secara total. Perawatan berikut dapat membantu memperbaiki selulit :

  1. Krim Retinoid
    Retinoid berasal dari vitamin A yang jika diterapkan pada kulit dapat memperbaiki penampilan selulit. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, berkonsultasilah dengan dokter untuk kemungkinan efek samping pada bayi.
  2. Terapi laser
    Terapi laser dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan kolagen atau elastisitas kulit. Berkonsultasilah dengan dokter untuk dapat menentukan teknik yang tepat untuk memperbaiki selulit.
  3. Mikrodermabrasion
    Terapi ini dapat membantu kulit untuk meningkatkan pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis.

Berkonsultasilah dengan Dokter untuk memilih pengobatan yang paling tepat atau kombinasi perawatan. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan :

  1. Periode waktu memiliki selulit.
  2. Tipe kulit
  3. Kenyamanan terapi
  4. Faktor keuangan
  5. Tujuan terapi

 

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stretch-marks/diagnosis-treatment/treatment/txc-20169167