INFLUENZA

Influenza atau Flu adalah penyakit karena infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru.


Influenza atau Flu adalah penyakit karena infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada beberapa orang penyakit influenza dapat sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa orang yang lain dapat menimbulkan kematian karena komplikasi dari influenza. Influenza tanpa komplikasi didefinisikan dengan gejala demam, pilek, dan sakit kepala.

Lalu apa bedanya flu dan pilek?
Pilek dan flu, keduanya merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan, namun keduanya memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Secara umum, gejala pilek lebih ringan daripada flu. Flu disebabkan oleh virus influenza, sementara serangan pilek dapat disebabkan oleh ratusan virus dan bakteri.

Secara umum tanda dan gejala influenza antara lain

Orang yang memiliki resiko tinggi komplikasi influenza adalah :

Penularan virus influenza adalah melalui udara yang berasal dari ketika sesorang batuk, bersin atau berbicara. Udara yang terinfeksi tersebut dapat menular ke orang lain dengan media udara, barang-barang yang dipakai bersama dan kemudian berpindah ke tangan, mata, hidung atau mulut. Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Anak-anak dan orang yang sistem kekebalantubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza.
Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terinfeksi virus influenza :

 

Terapi dan pengobatan
Influenza dapat diatasi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu beberapa hal dibawah ini akan membantu mempercepat pemulihan tubuh.

  1. Berkonsultasi dengan Apoteker untuk konsumsi obat yang dapat meringankan gejala dari influenza seperti batuk, sakit kepala, dan pilek.
  2. Berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat antivirus untuk menyembuhkan infeksi.
  3. Memperbanyak istirahat
  4. Hentikan merokok
  5. Mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Memperbanyak konsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi.
     

Perlukan mengkonsumsi antibiotik?
Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri, bukan virus. Oleh karena itu dokter tidak selalu meresepkan antibiotik untuk mengatasi influenza kecuali jika influenza telah berkembang menjadi infeksi komplikasi antara virus dan bakteri.

 

Sumber :

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/basics/lifestyle-home-remedies/con-20035101
  2. http://patient.info/doctor/influenza
  3. http://webkesehatan.com/apa-perbedaan-antara-pilek-flu/