Kenali Trigliserida, Lemak Darah dalam Tubuh

Selama ini Sahabat Viva pasti ada yang rutin cek kadar kolesterol, gula darah, ataupun asam urat pada tubuh. Namun, ada lho satu pengecekan lagi yang tak kalah penting dilakukan juga secara rutin, yaitu cek kadar trigliserida. Apa itu trigliserida?


Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang bisa ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh hati, namun sebagian besar juga berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega. Lemak dari makanan yang dikonsumsi ini akan dipecah dan diubah menjadi energi. Namun jika tidak digunakan oleh tubuh, lemak akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan di dalam sel lemak. Ketika asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, maka akan terjadi peningkatan trigliserida dalam darah.

Kadar trigliserida ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan darah. Tes ini merupakan bagian dari cek kolesterol atau tepatnya profil lemak. Untuk mendapatkan hasil tes yang akurat, Sahabat Viva dianjurkan untuk berpuasa terlebih dahulu selama 8-12 jam sebelum melakukan tes. Kadar trigliserida diukur dalam satuan milimeter per desiliter (mg/dL), kemudian dinilai berdasarkan kategori berikut:

Status

Kadar trigliserida

Normal

Kurang dari 150 mg/dL

Batas tinggi

150-199 mg/dL

Tinggi

200-499 mg/dL

Sangat tinggi

Lebih dari 500 mg/dL

 

Kadar trigliserida tinggi atau sangat tinggi bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lho. Penelitian menyebutkan bahwa peningkatan trigliserida dalam darah dapat menyebabkan terjadinya pengerasan dinding arteri yang meningkatkan risiko seseorang terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung. Secara normal, kadar trigliserida akan cenderung makin meningkat sesuai usia, namun ada beberapa faktor lain yang bisa membuat kadar trigliserida meningkat seperti, konsumsi karbohidrat berlebihan, kebiasaan minum alkohol, kurangnya aktivitas fisik, diabetes mellitus, kehamilan, dan kebiasaan mengonsumsi obat tertentu seperti kortikosteroid, isotretinoin, obat hormonal. Jika kadar trigliserida tinggi, apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikut adalah beberapa cara menurunkan trigliserida yang baik dilakukan:

  1. Turunkan Berat Badan
    Setiap kita makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan, tubuh akan mengubah kalori berlebih tersebut menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel lemak. Menurunkan berat badan adalah cara efektif untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan 5–10 persen dapat menurunkan trigliserida darah sebesar 40 mg/dL (0,45 mmol/L). Penurunan berat badan memiliki efek jangka panjang pada kadar trigliserida darah, meskipun berat badan mereka naik kembali sembilan bulan setelahnya, kadar trigliserida darah mereka tetap 24-26 persen lebih rendah.
  2. Batasi Asupan Gula
    Batas konsumsi gula adalah tidak lebih dari 4 sendok makan setiap hari. Gula berlebih dalam makanan dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida dalam darah bersama dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Sebuah studi selama 15 tahun menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi setidaknya 25 persen kalori dari gula, dua kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 10 persen kalori dari gula. Mengganti minuman manis dengan air putih bahkan dapat menurunkan trigliserida hingga hampir 29 mg/dL (0,03 mmol/L).
  3. Ikuti Diet Rendah Karbohidrat
    Sama seperti gula tambahan, karbohidrat berlebih dalam makanan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak. Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan penurunan kadar trigliserida darah. Seperti pada penelitian yang mengamati efek diet rendah dan tinggi karbohidrat selama periode satu tahun. Kelompok diet rendah karbohidrat tidak hanya menurunkan lebih banyak berat badan, tetapi juga menunjukkan penurunan trigliserida darah yang lebih besar. Penelitian lain tahun 2003 membandingkan efektivitas antara diet rendah lemak dan rendah karbohidrat dalam upaya menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Setelah enam bulan, peneliti menemukan bahwa trigliserida darah turun 38 mg/dL (0,43 mmol/L) pada kelompok rendah karbohidrat dan hanya 7 mg/dL (0,08 mmol/L) pada kelompok rendah lemak.
  4. Makan Lebih Banyak Serat
    Serat dapat ditemukan dalam berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Sumber serat lainnya adalah kacang-kacangan, sereal, dan polong-polongan. Mengonsumsi lebih banyak serat dalam makanan, dapat menurunkan penyerapan lemak dan gula di usus kecil, sehingga membantu menurunkan trigliserida dalam darah. Dalam sebuah penelitian, diet rendah serat menyebabkan trigliserida melonjak 45 persen hanya dalam enam hari, sedangkan diet tinggi serat menyebabkan trigliserida turun kembali menjadi normal.
  5. Rutin Berolahraga
    Kolesterol baik (HDL) memiliki hubungan terbalik dengan trigliserida darah. HDL yang tinggi dapat membantu menurunkan trigliserida. Ketika dipasangkan dengan penurunan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik sangat efektif untuk menurunkan trigliserida. Contoh olahraga aerobik, termasuk: jalan cepat, jogging, bersepeda, dan berenang. American Heart Association merekomendasikan siapa saja untuk dapat berolahraga setidaknya 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu.
  6. Batasi Asupan Alkohol
    Alkohol adalah sumber makanan tinggi gula dan kalori. Jika kalori ini tidak terpakai, maka akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak. Meskipun berbagai faktor ikut berperan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dapat meningkatkan trigliserida darah hingga 53 persen.
  7. Cobalah Suplemen Alami
    Beberapa suplemen alami dapat menurunkan trigliserida darah. Salah satu suplemen yang dapat dikonsumsi adalah minyak ikan. Minyak ikan terkenal karena efeknya yang kuat pada kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat mengurangi trigliserida hingga 48 persen.

 

Yuk pantau kadar trigliserida dalam tubuh melalui pengecekan rutin di Viva Apotek. Dapatkan harga khusus untuk pengecekan kolesterol, gula darah, asam urat, dan trigliserida setiap hari Jum'at di seluruh cabang Viva Apotek.

Cek lokasi Viva Apotek terdekat mu: https://vivahealth.co.id/location

Download segera Aplikasi Viva Apotek dan raih banyak diskon menarik  https://vivaapotek.page.link/apps

Viva Apotek Official Store juga sudah tersedia di Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak dengan banyak program Cashback.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia https://www.instagram.com/vivahealthindonesia/ untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, informasi kesehatan, dan promo menarik lainnya Viva Apotek

Sumber:

https://www.alodokter.com/trigliserida

https://health.kompas.com/read/2021/03/14/180700768/13-cara-menurunkan-trigliserida-tinggi-secara-alami?page=all

https://www.klikdokter.com/penyakit/trigliserida

 

  Belanja Sekarang