LEVEL pH PADA SABUN MUKA MENENTUKAN KESEHATAN KULITMU

Mencuci muka merupakan satu langkah penting untuk merawat kulit kita. Mencuci muka yang baik pun ada syaratnya loh, yaitu memilih sabun muka yang pHnya baik untuk kulit wajah kita. pH itu apasih, yuk kita pelajari.


pH (potential hydrogen) adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur kadar keasaman. Nilai pH diukur mulai dari 1 sampai 14. pH asam dimulai dari angka 1 - 6 atau di bawah 7. pH netral adalah 7. Sementara mulai dari angka 8 – 14 tergolong sebagai pH basa. Untuk kulit wajah, pH normal berada di kisaran angka 5.4-5.9, namun ada juga yang mengatakan antara 4.2-5.6.

Mengapa kita perlu memperhatikan pH pada kulit wajah kita?

pH kulit yang tidak seimbang akan menyebabkan masalah kulit seperti breakout, komedo, minyak berlebih bahkan kulit yang sangat kering dan kusam.

Pada dasarnya pH pada kulit terbentuk dari asam lemak dan asam amino serta sekresi minyak di kulit. Sekresi minyak ini disebut sebagai acid mantle. Acid mantle adalah lapisan asam tipis yang jadi penghalang dan melindungi kulit dari serangan luar. Tidak idealnya kadar pH di kulit tentu akan membuat acid mantle rusak sehingga membuat komponen kulit lainnya seperti ceramide (komponen utama pada lapisan luar kulit yang menjaga kulit agar tidak kehilangan kelembapan), asam lemak, dan lipid (kelompok molekul lemak dan vitamin pada kulit) akhirnya jadi ikut rusak juga. Hasilnya, bakteri, polutan, radikal bebas, sinar UV, dan zat berbahaya lainnya jadi sangat mudah menyerang masuk ke dalam kulit.

Jika ada bakteri atau radikal bebas yang masuk ke dalam kulit, hingga berhasil masuk ke aliran darah, maka otomatis akan menimbulkan kerusakan pada kulit. Bentuknya bisa berupa peradangan, alergi atau breakout (jerawat). Kondisi ini berlaku pada setiap jenis kulit, apalagi kulit sensitif. Bagi kulit kering maupun kulit berminyak, menjaga keseimbangan pH adalah penting supaya kulitmu terjaga kelembapannya dan terhindar dari breakout.

Nah, Sahabat Viva, produk yang paling berpengaruh pada keseimbangan pH kulit wajah adalah pembersih wajah atau sabun cuci muka. Kebanyakan pembersih wajah, apalagi yang menghasilkan busa melimpah, memiliki sifat basa dengan tingkat pH yang tinggi antara 8 sampai dengan 10.

Jika kamu menggunakan produk pembersih wajah yang basa seperti ini, kulitmu akan kehilangan kesimbangan pH naturalnya dan justru akan membuatnya menjadi sangat kering atau sangat berminyak, sehingga jadi lebih sensitif. Belum lagi pH air yang kamu gunakan, walaupun pH air netral, tapi air mampu meningkatkan pH kulitmu sehingga kulit kehilangan keasamannya. Singkatnya, bakteri akan hidup lebih baik pada pH netral dan lebih sulit hidup pada pH asam. 

Berikut beberapa sabun pembersih wajah yang telah diuji pHnya sebagai referensi bagi Sahabat Viva:

Merk

pH

Mineral Botanica Brightening Facial Foam

6-7

Dove Beauty Moisture Facial Foam

5-6

Ponds White Beuaty Spotless Rosy White Daily Facial Foam

6-7

Biore Glowing Bright Facial Foam

5-6

Garnier White Complete Light Speed Brightening Foam

7-8

 

Jika sabun cuci muka sudah tepat, kamu juga bisa menyeimbangkan pH kulitmu menggunakan toner. Toner  berfungsi untuk mengembalikan pH natural kulitmu setelah cuci muka. Nah, setelah mengerti pentingnya pH pada sabun cuci muka. Yukk, mulai sekarang perhatikan dan jaga keseimbangan pH kulitmu agar kulit tetap sehat.

 

Sumber:

https://review.bukalapak.com/beauty/menggunakan-pembersih-wajah-dengan-ph-rendah-itu-penting-ini-alasannya-16041

https://insommia.net/ph-sabun-cuci-muka-merek-lokal/

https://journal.sociolla.com/beauty/ph-kulit-wajah/

 

Kini lebih mudah berbelanja di Viva Apotek melalui aplikasi, segera unduh https://vivaapotek.page.link/apps

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.

 

  Belanja Sekarang