JANGAN ANGGAP REMEH! KENALI JENIS NYERI YANG KAMU ALAMI

Nyeri adalah pengalaman sensorik dan emosional yang subjektif, dalam artian nyeri bersifat individual untuk setiap orang, karena toleransi seseorang terhadap nyeri berbeda-beda dan dipengaruhi juga dengan pengalaman rasa sakit kita sebelumnya serta kondisi psikosomatik.


Nyeri dapat terjadi karena iritasinya reseptor nyeri, yang dapat ditemukan di kulit, persendian, dan banyak organ dalam. Penyebab nyeri juga dapat berupa kerusakan pada sistem saraf, baik saraf tepi, otak maupun sumsum tulang belakang. Nyeri juga dapat terjadi tanpa kerusakan jaringan, meskipun pasien merujuknya (nyeri psikogenik). Proses nyeri merupakan fenomena yang kompleks.

 

JENIS-JENIS NYERI

Memahami jenis nyeri yang Anda rasakan dapat membantu menjelaskan kepada dokter, fisioterapis, dan tenaga medis lainnya dengan lebih mudah. Berikut adalah jenis nyeri yang Anda perlu ketahui :

1. Nyeri Akut

Rasa sakit yang dirasakan < 3 bulan, bertindak sebagai peringatan-defensif. Penyebab umum terjadinya nyeri akut, yaitu

2. Nyeri Kronis

Rasa sakit yang dirasakan > 3 bulan, tidak memenuhi peran peringatan-defensif. Penyebab umum terjadinya nyeri kronis, karena sifat dan gejala dari penyakit itu sendiri, dan membutuhkan tindakan multi-terapeutik.

3. Nyeri Nosiseptif

Nyeri nosiseptif dibagi menjadi dua macam yaitu, nyeri viseral dan somatik.

- Nyeri Viseral

Nyeri viseral biasanya menimbulkan sensasi yang dirasakan berupa nyeri tajam, nyeri tertekan, dan sulit dilokalisasi. Disebabkan oleh gangguan organ internal, seperti batu ginjal, usus buntu akut, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

- Nyeri Somatik

Nyeri somatik biasanya menimbulkan sensasi rasa seperti tercubit, tertusuk, dan tajam. Disebabkan karena cedera pada kulit, otot, tulang, sendi, seperti keseleo, dan lain-lain.

4. Nyeri Neurogenik

Nyeri neurogenik merupakan jenis nyeri yang terjadi akibat adanya kerusakan saraf, dan biasanya menimbulkan sensasi rasa seperti tersengat listrik, kesemutan, kebas atau panas.

 

Setelah mengetahui jenis-jenis nyeri di atas, kira-kira jenis nyeri apa yang pernah atau sedang Sahabat Viva alami? Bila nyeri terus berlangsung tanpa diketahui penyebabnya, segera periksakan ke dokter ya Sahabat Viva.

 

Sumber:

Swieboda P, Rafal F, Andrzej P, Mariola D. 2013. Assesment of Pain: Types, Mechanism, and Treatment. Ann Agric Environment Med. Special Issue 1: 2-7

Regnard Claud and Margaret K. 2018. What is Pain. Book: Supportive and Palliative Care in Cancer (pp. 59-60)

 

 

Kini lebih mudah berbelanja di Viva Apotek melalui aplikasi, segera unduh https://vivaapotek.page.link/apps

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.

  Kunjungi Toko