Sudah Rutin Berjemur apakah masih perlu Suplemen Vitamin D?

Banyak orang rutin berjemur setiap pagi ataupun sore hari di masa pandemi untuk mendapatkan vitamin D. Ketika Sahabat Viva rutin berjemur, masih perlukah mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan?


Menjaga tubuh tetap fit di tengah pandemi menjadi salah satu kunci kebal Covid-19. Untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat, bukan hanya olahraga tetapi Sahabat Viva juga harus mengatur asupan makanan dan memastikan vitamin tercukupi per harinya, termasuk vitamin D.

Vitamin D adalah salah satu vitamin larut lemak yang berperan dalam sejumlah fungsi penting untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit, termasuk penyakit infeksi karena virus. Vitamin D bukan hanya bermanfaat untuk tulang, namun juga memiliki manfaat lain seperti menjaga fungsi saraf dan otot, kardiovaskular, pernapasan, dan sistem imun tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin D berisiko menimbulkan penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi (arthritis). Makanya vitamin D penting untuk tercukupi setiap harinya.

Vitamin yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan rutin berjemur di pagi hari. Sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan penting untuk memelihara kesehatan tubuh, terutama tulang. Paparan sinar matahari diperlukan oleh tubuh untuk membentuk vitamin D secara alami.

Ketika kulit terkena sinar matahari langsung, tubuh akan memproduksi vitamin D dengan membakar kolesterol yang ada di sel kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar kulit terkena sinar matahari sekitar 5-15 menit selama 2-3 kali dalam seminggu.

Pada dasarnya Anda tidak perlu minum suplemen vitamin D setiap hari bila kondisi tubuh Anda sehat dan tidak mengalami masalah medis apapun. Sebab, hanya orang-orang tertentu saja yang disarankan oleh dokter yang boleh minum suplemen vitamin D sesuai dengan kebutuhannya. Apabila suplemen vitamin D diminum setiap hari pada saat tubuh tidak membutuhkannya, vitamin D dalam tubuh akan menumpuk.

Orang yang kelebihan dosis suplemen vitamin D akan merasakan gejala seperti mual dan muntah, turunnya nafsu makan, sembelit, lemas, dan berat badan turun.  Oleh karena itu hanya orang-orang tertentu saja yang disarankan oleh dokter yang boleh minum suplemen vitamin D sesuai dengan kebutuhan.

Adapun kelompok orang – orang yang membutuhkan suplemen Vitamin D di antaranya adalah:

 

Selain dari Suplemen Vitamin D dan minyak ikan, kita bisa memperoleh vitamin D dari makanan yang tinggi vitamin D antara lain telur, ikan, serta susu dan produk olahannya (keju dan yoghurt). Dari sumber makanan tersebut dan juga rutin berjemur sinar matahari kemungkinan besar asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita sudah terpenuhi.

Namun untuk memastikan tubuh memiliki asupan vitamin D yang tepat, lebih baik Sahabat Viva periksakan diri ke dokter untuk mengetahui berapa kadar vitamin D dalam tubuh dan apakah Sahabat Viva membutuhkan suplemen vitamin D atau tidak.

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/perlukah-mengonsumsi-suplemen-vitamin-d/

https://www.alodokter.com/manfaat-sinar-matahari-yang-mengandung-vitamin-d

 

Kini lebih mudah berbelanja di Viva Apotek melalui aplikasi, segera unduh https://vivaapotek.page.link/apps

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.