HARUS ISOMAN? JANGAN PANIK!

Kasus positif Covid-19 meningkat tajam akhir-akhir ini. Ketersediaan kamar di Rumah Sakit yang terbatas dan tidak bisa menampung semua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadikan isolasi mandiri (ISOMAN) sebagai solusi yang harus dilakukan para pasien Covid-19 baik yang OTG maupun gejala ringan. Nah, ISOMAN seperti apa sih yang benar dan apa saja yang diperlukan? Yuk simak artikel berikut.


Isolasi Mandiri merupakan solusi alternatif untuk mengatasi ketidaktersediaan kamar di Rumah Sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya untuk menangani pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Tentunya tidak semua pasien Covid-19 ini direkomendasikan untuk isolasi mandiri (ISOMAN). Adapun kriteria bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan bisa melakukan ISOMAN adalah sebagai berikut:

Tanda-tanda gejala ringan yang umum dialami oleh pasien Covid-19 adalah:

Walaupun gejala ringan, kondisi pasien harus tetap dipantau. Oleh karena itu, sebaiknya pasien memiliki termometer dan oximeter di rumah. Oximeter adalah alat pengukur saturasi oksigen. Pada beberapa pasien Covid-19, saturasi oksigen bisa menjadi sangat rendah < 95% yang mana harus segera dibawa ke Rumah Sakit/Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Adapun kegiatan rutin yang direkomendasikan untuk pasien Covid-19 selama menjalani isoman:

 

Apabila pasien harus melakukan isolasi mandiri di dalam rumah bersama anggota keluarga yang lain, maka hal-hal yang wajib diperhatikan adalah sebagai berikut:

 

Jangan lupa juga, hindari stress dan jaga suasana hati kita tetap baik. Karena hati yang bahagia memperkuat sistem imun tubuh kita lho Sahabat Viva!

 

Sumber:

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia. Buku Panduan Isolasi Mandiri. Diperoleh dari: www.papdi.or.id

 

Kini lebih mudah berbelanja di Viva Apotek melalui aplikasi, segera unduh https://vivaapotek.page.link/apps

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.