GASTRITIS (Radang Dinding Lambung)

Gastritis adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan dinding lambung.


Untuk mellindungi lapisan mukosa lambung dari kerusakan yang diakibatkan asam lambung, dinding lambung dilapisi oleh selaput lendir (mukus) yang tebal. Apabila mukus tersebut rusak, dinding lambung rentan mengalami peradangan. Gastritis secara umum dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Gastritis Akut

Gastritis akut sifatnya terjadi secara tiba2, dan akan menyebabkan nyeri ulu hati yang hebat, namun kejadiannya sementara. Sebagian besar gastritis akut merupakan penyakit ringan dan sembuh sempurna.

2. Gastritis Kronis

Pada gastritis kronis, peradangan lapisan lambung terjadi secara perlahan dan menahun. Nyeri yang ditimbulkan lebih ringan, namun terjadi dalam waktu yang lama dan lebih sering kambuh. Gastritis kronis ini menyebabkan perubahan struktur lapisan lambung dan beresiko berkembang menjadi kanker.

Gastritis juga dapat menyebabkan pengikisan lapisan lambung. Pengikisan lapisan lambung ini dikenal dengan gastritis erosif, yang dapat menyebabkan terjadinya luka dan perdarahan pada lambung. Dari semua kasus gastritis, tipe erosif ini jarang terjadi.

 

Gejala Gastritis

Gejala gastritis bisa berbeda-beda pada tiap penderita, ada juga yang tidak menimbulkan gejala. Beberapa gejala yang mungkin timbul antara lain:

Penyebab Gastritis

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung cukup banyak jenisnya, namun yang paling sering adalah Helicobacter pylori.

Pertambahan Usia

Seiring bertambahnya usia, lapisan mukosa lambung akan mengalami penipisan dan melemah. Hal inilah yang menyebabkan gastritis lebih sering terjadi pada lansia dibandingkan orang yang lebih muda.

Berlebihan mengkonsumsi alkohol

Minuman alkohol dapat mengikis lapisan mukosa lambung, sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan pada dinding lambung.

Terlalu sering konsumsi obat nyeri

Obat nyeri yang terlalu sering dikonsumsi dapat menghambat proses regenerasi lapisan mukosa lambung, dan akhirnya dinding lambung menjadi cedera dan melemah.

 

Komplikasi Gastritis

Gastritis yang tidak diterapi dengan baik dan benar bisa mengakibatkan hal-hal sebagai berikut:

Pengobatan dan Penanganan

Untuk mengurangi asam lambung menggunakan obat antasida atau golongan obat lainnya (PPI, H2 Bloker). Untuk gastritis yang disebabkan bakteri diperlukan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

 

Upaya Pencegahan

Penyembuhan gastritis harus dilakukan dengan memperhatikan diet makanan yang sesuai. Secara umum pedoman yang harus diperhatikan adalah :

 

Sumber :

Lee EL, Feldmn M. Gastritis and Gastropathies. In: Feldman M, Friedman LS, Brandt LJ, eds. Sleisenger and Fordtran’s

Jennifer Robinson, WebMD Medical Reference; Nov 19th, 2020

Saunders Elsevier; 2011: chap 141

Penulis:

dr. Agustina Mahardini

 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.

Layanan pesan antar Viva Apotek, silahkan kunjungi:

http://bit.ly/vivapesanantar