FARINGITIS (Radang Tenggorokan)

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Faringitis (faringitis akut) adalah peradangan akut mukosa faring dan struktur lain di sekitarnya, yang mengakibatkan rasa sakit pada tenggorokan, nyeri atau gatal. Karena letaknya yang sangat dekat dengan hidung dan tonsil, jarang terjadi hanya infeksi lokal faring atau tonsil. Oleh karena itu, pengertian faringitis secara luas mencakup tonsillitis, nasofaringitis, dan tonsilofaringitis. Faringitis dapat menular melalui udara melalui percikan ludah dari orang lain yang juga mengalami sakit yang sama.


Penyebab faringitis

Faringitis biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Pada 30-60% kasus tersering disebabkan oleh virus (yang tersering adalah Adenovirus, Rhinovirus, dan virus Parainfluenza). Pada 5-20% kasus saja yang disebabkan oleh bakteri (yang paling sering adalah Streptokokus beta hemolitikus grup A).

Faktor resiko

Faktor resiko penyebab faringitis antara lain yaitu udara dingin, turunnya daya tahan tubuh yang disebabkan infeksi virus influenza, asupan gizi yang kurang, dan konsumsi alkohol

Gejala

Patut dicurigai faringitis menjurus ke arah infeksi apabila :

Komplikasi :

Terapi dan Pengobatan

Pada umumnya faringitis yang disebabkan oleh virus dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Jika ada keluhan, lakukan terapi suportif dan simtomatis, antara lain :

Pada faringitis yang mengarah ke infeksi, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Penting diketahui sekali lagi bahwa tidak semua gejala faringitis memerlukan antibiotik, jadi jika setelah melakukan pengobatan suportif dan simtomatis tidak juga ada perbaikan, disarankan untuk berobat ke dokter untuk memastikan obat2an apa yang perlu dikonsumsi, termasuk membutuhkan antibiotik atau tidak.

Sumber :

Penulis :

dr. Agustina Mahardini

 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.

Layanan pesan antar Viva Apotek, silahkan kunjungi:

http://bit.ly/vivapesanantar

Subscribe