Penyakit Menular Seksual

ditinjau oleh dr. Nanda Satria Editama

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Dapat ditularkan oleh pasangan Anda lewat aktivitas seksual yang melibatkan vagina, penis, anus, atau mulut. PMS ini beragam dengan gejala-gejala yang berbeda tiap penyakit, dan beberapa lebih serius daripada penyakit yang lain. Semuanya membutuhkan pengobatan untuk mencegah komplikasi dan membahayakan hidup pasien.


Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit Menular Seksual yang paling umum adalah sebagai berikut:

Gejala Utama

Gejala PMS berbeda-beda tergantung dari jenis penyakit yang diderita. Gejala umum yang dialami penderita PMS adalah:

Pengobatan Penyakit Menular Seksual

Beberapa jenis penyakit menular seksual dapat diobati langsung di klinik oleh ginekolog, dengan pengobatan antibiotik. Namun, penyakit serius, kasus parah, atau gejala kronis dan muncul kembali. Lebih baik mencari bantuan spesialis penyakit menular. Semua pasien HIV/AIDS perlu mencari bantuan medis dari ahlinya, untuk membantu penanganan penyakit untuk waktu yang panjang.

Tujuan dari pengobatan Penyakit Menular Seksual adalah:

Pengobatan tahap awal dengan antibiotik, biasanya efektif untuk menangani penyakit, bahkan menyembuhkannya, selama pasien mengikuti dosis dengan hati-hati dan mengonsumsi obat tepat waktu. Selain itu, sangat penting bagi pasien, tetap mengonsumsi obat sesuai resep selama masa pengobatan, meskipun gejalanya telah hilang. Pasangan yang terjangkit penyakit juga dapat mendapatkan pengobatan dan diobati secara bersamaan. Obat tambahan mungkin diresepkan untuk meringankan gejala. Beberapa penyakit menular seksual, membutuhkan penanganan berkelanjutan. Misalnya, HIV/AIDS, yang saat ini tidak dapat disembuhkan.

Komplikasi Penyakit Menular Seksual

Karena pada tahap awal terkena penyakit menular seksual tidak mengalami gejala dapat menyebabkan komplikasi :

Sumber:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui layanan tanya jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500

Kunjungi juga akun Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan, dan promo menarik Viva Apotek.

Penulis:

dr. Nanda Satria Editama

 

 

  Kunjungi Toko