MITOS DIET MALAH MERUSAK DIET

Jangan minum kopi kalau lagi diet, kopi itu bisa bikin gemuk. Dan masih banyak lagi mitos tentang diet yang kita dengarkan dari masyarakat untuk menasehati seseorang yang memiliki berat badan berlebih.


Mitos diet sering kali digunakan untuk menasehati seseorang yang memiliki berat badan berlebih, namun tanpa fakta yang mendukungnya. Banyak mitos yang terdengar di masyarakat terkait dengan upaya menurunkan berat badan. Berikut beberapa fakta untuk membantu mengetahui fakta yang benar.

Kurangi Karbohidrat untuk Menurunkan Berat Badan
Fakta: Karbohidrat memiliki 2 jenis yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana umumnya terkandung pada kue dan permen. Sedangkan, karbohidrat komplek dapat ditemukan dalam roti gandum, kacang-kacangan, dan buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Untuk menurunkan berat badan maka dapat mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana.

Menghindari Semua Makanan yang Berlemak
Fakta: Tidak semua lemak perlu untuk dihindari hanya agar berat badan dapat turun. Lemak masih merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga perlu tetap masuk dalam menu diet. Tetapi karena lemak memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi dari karbohidrat dan protein, maka perlu dibatasi konsumsinya. Lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi seperti alpukat, minyak zaitun, atau kacang-kacangan.

Berpuasa Dapat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
Fakta: Berpuasa belum tentu dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Karena berpuasa dapat menyebabkan seseorang mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar saat jadwal makan. Sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi pun sama saja. Memiliki jadwal makan yang teratur dan membatasi jumlah kalori dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Penurunan Berat Badan Harus Dalam Waktu yang cepat
Fakta: Mengalami penurunan berat badan dalam waktu singkat dapat menyebabkan berat badan naik kembali seperti semula. Terutama jika dilakukan dengan cara yang tidak sehat. Penurunan berat badan yang perlahan namun dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat dapat memberikan hasil yang lebih realistis. Jika menginginkan penurunan berat badan dengan drastis, maka perlu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Kopi Dapat Merusak Diet
Fakta: Menurut penelitian, kopi yang dikonsumsi dalam jumlah 2-3 gelas sehari masih aman masuk dalam diet sehat. Kandungan antioksidan dalam senyawa organic tumbuhan dapat berguna bagi tubuh. Penelitian menunjukkan kopi dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2, batu empedu, penyakit Parkinson dan beberap jenis kanker. Yang perlu dilakukan adalah menjaga kalori kopi tetap terkontrol dengan menghindari penggunaan krim, gula, dan sirup rasa.

Diet dengan Menghindari Sarapan atau Diet dengan Sarapan?
Fakta: Sarapan dapat membantu mengatur rasa lapar dan menghindari konsumsi camilan tidak sehat. Perhatikan kebutuhan tubuh dan aktifitas harian yang dilakukan. Jika membutuhkan banyak energi, maka pilihlah untuk sarapan dengan menu sehat seperti sereal atau yogurt.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Medline Plus. (2018, 23 April). Diet Myths and Facts. Diperoleh 08 April 2019 dari: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000895.htm
  2. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. (2017, April). Some Myths about Nutrition & Physical Activity. Diperoleh 08 April 2019 dari: https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/myths-nutrition-physical-activity
  3. WebMD. (2018, 05 Februari). Popular Diet Myths. Diperoleh 08 April 2019 dari: https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-diet-myths