CARA MUDAH MENCEGAH KUTU AIR

Rasa gatal dan perih karena kutu air sangat membuat tidak nyaman, terutama pada orang yang aktif. Menjaga kaki tetap kering dengan sering mengganti kaos kaki dan menggunakan sepatu yang tidak tertutup adalah langkah sederhana mencegah kutu air.


Kutu air dapat terjadi pada siapa saja dan umumnya dikarenakan oleh infeksi jamur. Rasa gatal, sensasi seperti terbakar dan kulit seperti mengelupas biasanya adalah gejala yang ditimbulkan oleh kutu air. Tinea pedis atau Athlete’s foot merupakan sebutan lain untuk kutu air.

Bagaimana Cara Jamur Kutu Air Menyebar?
Jamur masuk ke tubuh melalui celah-celah kecil pada kulit. Kaki dapat secara tidak sengaja menyentuh jamur saat berada ditempat umum atau menyentuh seseorang yang memiliki kutu air. Hal ini dapat kemungkinan terjadi saat berada di ruang ganti, ruang ganti atau kolam renang umum.

Apakah Faktor Resiko Kutu Air?
Beberapa orang memiliki resiko lebih besar mengalami kutu air. Apakah faktor yang meningkatkannya?

Cara Mudah Mencegah Kutu Air
Beberapa langkah mudah dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kutu air, seperti:

Pastikan sepatu yang digunakan dalam kondisi kering. Letakkan sepatu pada ruangan terbuka atau dikeringkan setelah digunakan.

Apakah Tempat Pedicure Aman dari Kutu Air?
Tempat perawatan untuk pedicure kemungkinan aman dari kutu air. Namun tetaplah berhati-hati, pilihlah tempat perawatan yang sudah terjamin kebersihannya.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. American Academy of Dermatology. Athlete’s Foot: How to Prevent. Diperoleh 27 Maret 2019 dari: https://www.aad.org/public/diseases/contagious-skin-diseases/athlete-s-foot-how-to-prevent
  2. WebMD. (2018, 22 Januari). Preventing Foot Fungus. Diperoleh 27 Maret 2019 dari: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/preventing-foot-fungus#2
  3. WebMD. (2018, 26 November). What Are the Symptoms of Athlete’s Foot. Diperoleh 27 Maret 2019 dari: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-athletes-foot-symptoms