MENGAPA TELINGA SERING BERDENGUNG?

Telinga berdengung sering kali mengganggu aktifitas. Ternyata kebiasaan seperti menggunakan headphone untuk mendengarkan music adalah salah satu penyebabnya. Apa sajakah penyebab telinga sering berdengung?


Telinga berdengung memiliki istilah tinnitus dalam dunia kesehatan. Tinnitus bukan merupakan penyakit, tetapi sebuah gejala dari gangguan pendengaran. Umumnya tinnitus bukan merupakan gejala dari kondisi yang serius, namun dapat mengganggu aktifitas. Untuk mengobati tinnitus dapat dilakukan jika sudah mengetahui penyebabnya.

Apakah Penyebab Telinga Berdengung?
Penyebab paling umum terjadinya tinnitus karena mendengarkan suara keras dalam waktu lama. Suara keras yang didengar menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel sensitive suara dari koklea (organ berbentuk spiral di telinga bagian dalam). Beberapa profesi seperti teknisi pesawat, musisi, tukang kayu, pilot memiliki resiko mengalami tinnitus lebih besar. Paparan suara sangat keras secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan tinnitus.
Berikut beberapa penyebab tinnitus yang umumnya terjadi:

Selain itu, kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan terjadinya tinnitus seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, gangguan sirkulasi, anemia, alergi, masalah pada kelenjar tiroid, gangguan autoimun dan diabetes.
Pengobatan tertentu yang sedang dikonsumsi dapat menjadi penyebab atau memperburuk kondisi tinnitus. Umumnya semakin besar dosis yang dikonsumsi maka semakin memungkinkan timbulnya tinnitus. Tinnitus biasanya akan berhenti ketika obat berhenti dikonsumsi. Beberapa obat yang dapat menjadi penyebab tinnitus:

Bagaimana Cara Pencegahannya?
Dalam banyak kasus, tinnitus terjadi karena penyebab yang tidak dapat dicegah. Namun, beberapa tindakan pencegahan dapat membantu mencegah jenis tinnitus tertentu.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2019, 05 Maret). Tinnitus. Diperoleh 12 Maret 2019 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinnitus/symptoms-causes/syc-20350156
  2. WebMD. (2017, 15 Februari). Understanding Tinnitus – The Basic. Diperoleh 12 Maret 2019 dari: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/understanding-tinnitus-basics