TANDA-TANDA STUNTING PADA ANAK

Mengapa anak saya tidak setinggi teman sebayanya ya? Pertanyaan seperti itu sering timbul di benak orang tua, namun hanya sedikit yang mencari tahu penyebabnya. Terhambatnya pertumbuhan anak bisa disebabkan oleh banyak hal.


Keterlambatan pertumbuhan atau yang dikenal dengan istilah stunting dapat terjadi ketika seorang anak tidak bertumbuh mencapai tingkatan normal pada usianya. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kondisi kesehatan anak seperti kekurangan hormone pertumbuhan atau hipotiroid. Dalam beberapa kasus, perawatan dini yang dilakukan dapat membantu anak mencapai pertumbuhan normal atau mendekati normal. Berkonsultasi dengan dokter spesialis anak merupakan langkah untuk melakukan perawatan dini pada kasus stunting.

Tanda-Tanda Terjadinya Stunting
Anak yang memiliki kurang tinggi jika dibandingkan dengan teman sebayanya, kemungkinan bisa memiliki masalah pertumbuhan. Gejala lain terjadinya stunting bisa terjadi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Penyebab Terjadinya Stunting
Terlambatnya pertumbuhan anak dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Berikut beberapa penyebab yang terjadi adalah:

Perawatan dini terkait masalah pertumbuhan anak dapat membantu mereka mendapatkan kondisi tubuh yang normal saat dewasa. Berkonsultasilah dengan dokter ketika mulai curiga dengan tanda yang dialami oleh anak terkait pertumbuhan yang terlambat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Adoption Nutrition. Stunting. Diperoleh 01 Februari 2019 dari: http://adoptionnutrition.org/what-every-parent-needs-to-know/common-nutrient-deficiencies/stunting/
  2. Depkes. (2018, 07 April). Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi. Diperoleh 01 Februari 2019 dari: http://www.depkes.go.id/article/view/18040700002/cegah-stunting-dengan-perbaikan-pola-makan-pola-asuh-dan-sanitasi-2-.html
  3. Healthline. (2018, 19 Desember). Understanding Delayed Growth and How It’s Treated. Diperoleh 01 Februari 2019 dari: https://www.healthline.com/health/delayed-growth-symptom