SIAPKAH UNTUK IMUNISASI ANAK?

Imunisasi adalah salah satu fase dengan drama tersendiri saat memiliki anak. Berbagai kemungkinan buruk sering kali menghantui seorang ibu. Mulai dari persiapan kondisi anak sebelum imunisasi, saat dilakukan dan reaksi tubuh anak setelah mendapatkan imunisasi. Apakah yang perlu diketahui dan dilakukan ibu sebelum, saat dan setelah imunisasi?


Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang kebal terhadap suatu penyakit, salah satunya dengan memberikan vaksin. Agar dapat melindungi tubuh dari penyakit, sistem kekebalan tubuh akan dirangsang saat vaksin masuk kedalam tubuh. Imunisasi merupakan langkah yang terbukti untuk mengendalikan dan menghilangkan penyakit menular yang mengancam jiwa dan dapat mencegah terjadinya kematian. Imunisasi juga merupakan salah satu investasi kesehatan yang hemat biaya dan efektif.

Persiapan Sebelum Imunisasi
Bayi (Usia 0-12bulan)

Balita (Usia 1-3 tahun) dan Anak (Usia 4-9 tahun)

Saat Imunisasi

Setelah Imunisasi
Reaksi setelah imunisasi dapat terjadi pada semua usia. Berikut beberapa tips untuk mengatasi gejala timbulnya reaksi imunisasi:

Mengapa Imunisasi Harus Diberikan Sesuai Jadwal?
Vaksinasi mulai diberikan pada bayi usia 2 bulan dan harus mengikuti sesuai jadwal yang diberikan agar anak mendapatkan perlindungan terbaik terhadap penyakit. Bayi dan anak dibawah 12 tahun memiliki resiko besar terkena penyakit menular yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksin.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Alberta Health Services. Preparing to Immunize. Diperoleh 22 Januari 2019 dari: http://immunizealberta.ca/i-want-immunize/preparing-immunize#before
  2. British Columbia. (2018, 01 Mei). Why Your Child Needs to Get Vaccinated On Time. Diperoleh 22 Januari 2019 dari: https://immunizebc.ca/why-your-child-needs-get-vaccinated-on-time
  3. World Health Organization. Immunization. Diperoleh 22 Januari 2019 dari: https://www.who.int/topics/immunization/en/