SAYURAN PENURUN KOLESTEROL

Meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sangat mudah untuk dilakukan. Namun berbeda dengan menurunkannya. Kadar kolesterol yang tinggi meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.Perlu mengubah kebiasaan makan dan jenis makanan yang dimakan demi menurunkan kadar kolesterol menjadi normal.


Kolesterol merupakan zat lilin yang diproduksi oleh hati dan banyak terkandung dalam makanan seperti telur, daging, dan produk susu. Peningkatan kadar kolesterol melebihi normal dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan yang serius dan merupakan faktor resiko utama terjadinya penyakit jantung. Dengan perubahan pola makan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.
Makanan nabati dapat menurunkan kolesterol dengan cara yang berbeda-beda berdasarkan jenis kandungannya. Seperti serat larut air bekerja dengan mengikatkan prekursornya pada kolesterol di sistem pencernaan dan menariknya keluar dari tubuh sebelum masuk kedalam sirkulasi. Makanan yang mengandung polyunsaturated fat  bekerja secara langsung menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat. Dan makanan yang mengandung sterol dan stanol bekerja dengan mencegah tubuh untuk menyerap kolesterol.

Apakah Fitosterol dan Bagaimana Fungsinya?
Fitosterol memiliki fungsi yang sama dengan kolesterol dalam tubuh. Namun, fitosterol tidak dapat memberikan dampak seperti makanan yang mengandung kolesterol. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi fitosterol dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.
Fitosterol membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara meningkatkan ekskresi atau pembuangan kolesterol, mengganggu proses pembentukan kolesterol dan mencegah kolesterol diserap oleh sistem pencernaan tubuh. Secara umum kandungan fitosterol tertinggi ditemukan dalam minyak nabati dan selanjutnya pada sayuran dan buahan.

Sumber Nabati yang Dapat Menurunkan Kolesterol
Berikut diketahui beberapa jenis nabati yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan bahkan melindungi kesehatan jantung.
Biji-Bijian
Kacang memiliki kandungan kaya serat larut air. Kacang juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama setelah makan. Alasan inilah yang membuat kacang bermanfaat bagi seseorang untuk menurunkan berat badan.

Sayuran
Sayur memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi dan rendah kalori sehingga sangat penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan pectin pada sayuran sama dengan serat larut air pada buah sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayuran yang memiliki kandungan pectin tinggi adalah wortel, terong, kentang.

Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh dan juga serat yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Terong
Terong merupakan makanan yang mengandung rendah kalori dan sumber serat larut air.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin. Pada penelitian, menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan LDL. Jumlah bawang putih yang dibutuhkan untuk dikonsumsi agar mencapai efek perlindungan jantung sangat tinggi, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi suplemen yang berasal dari ekstrak bawang putih.

Kacang-Kacangan
Semua jenis kacang memiliki kandungan protein, vitamin E, magnesium dan kalium serta mengandung fitosterol yang membantu menjaga tubuh tetap sehat. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa almond, mente, kenari, kacang tanah dan jenis kacang yang lain bermanfaat untuk jantung. Berdasarkan penelitian mengkonsumsi kacang sebanyak 2 ons sehari dapat menurunkan LDL sekitar 5%. Pada penelitian yang lain menyatakan bahwa mengkonsumsi kacang kedelai dapat menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. Kacang juga memiliki nutrisi tambahan yang dapat melindungi jantung seperti kalsium, magnesium dan potassium.

Minyak Nabati
Menggunakan minyak nabati seperti minyak kanola atau minyak bunga matahari sebagai pengganti mentega atau minyak goreng pada umumnya dapat membantu menurunkan LDL.

Jadi, memiliki pola makan dengan meningkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan dan biji sangat baik untuk tubuh. Selain untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga dapat menstabilkan tekanan darah, menjaga pembuluh darah arteri tetap elastis dan stabil dan juga menjaga penglihatan dan kesehatan mental.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Dietary Fiber Food. (2016, 25 April). List of Food (with High Phytosterol) That Help Lower Cholesterol. Diperoleh 21 Januari 2019 dari: https://www.dietaryfiberfood.com/cholesterol/cholesterol-lowering-foods-phytosterol.php
  2. Harvard Health Publishing. (2018, 10 Juli). 11 Foods that Lower Cholesterol. Diperoleh 21 Januari 2019 dari: https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol
  3. Healthline. (2018, 26 Oktober). 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet. Diperoleh 21 Januari 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels#section9
  4. Heart UK. Six Super Foods for Lower Cholesterol. Diperoleh 21 Januari 2019 dari: https://www.heartuk.org.uk/healthy-living/cholesterol-lowering-foods
  5. Live Strong. Good Fruits and Vegetables for Lowering Cholesterol. Diperoleh 21 Januari 2019 dari: https://www.livestrong.com/article/261460-good-fruits-vegetables-for-lowering-cholesterol/