MIE ATAU NASI YANG HARUS DIHINDARI?

Nasi dianggap makanan yang jahat terutama untuk program diet. Dan mie dianggap dapat menggantikan nasi untuk program diet bagi sebagian orang. Namun, bagi yang lainnya mie dianggap sama jahat dengan nasi. Manakah yang betul?


Mie instan adalah makanan praktis yang paling digemari oleh mayoritas masyarakat. Tak jarang mie instan di kombinasikan dengan nasi putih. Mie instan diketahui mengandung tinggi sodium dan MSG.
Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia, bahkan mayoritas orang Indonesia merasa belum makan jika belum makan nasi. Namun saat ini, nasi mulai ditinggalkan bagi orang yang sedang menjalani program diet. Nasi dianggap memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga diyakini dapat meningkatkan berat badan.

Kandungan Nutrisi dalam Mie
Mie yang terdapat dipasaran memiliki banyak jenis, rasa dan merek, dimana sebagian besar memiliki kandungan nutrisi tertentu dengan jumlah yang sama. Berikut kandungan nutrisi dalam satu porsi mie ramen:

Kandungan Nutrisi dalam Nasi Putih
Nasi putih dan merah merupakan jenis nasi yang populer di masyarakat. Nasi merah merupakan beras yang masih memiliki dedak, dimana memiliki kandungan kaya serat dan karbohidrat. Sedangkan nasi putih adalah beras yang sudah tidak memiliki dedak. Meningkatkan rasa pada nasi putih merupakan tujuan dihilangkan dedak. Nasi putih dianggap hanya mengandung karbohidrat karena telah kehilangan sumber nutrisi utama. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram nasi putih:

Faktor Resiko Mengkonsumsi Mie secara Berlebihan
Berdasarkan kandungan dalam mie, terdapat beberapa faktor resiko gangguan kesehatan yang akan meningkat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Faktor Resiko Konsumsi Nasi Berlebihan
Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia, namun dilihat dari kandungan pada nasi dapat meningkatkan beberapa resiko gangguan kesehatan seperti:

Mie dan nasi memiliki faktor resiko masing-masing jika dikonsumsi secara berlebihan. Lakukan penakaran pada makanan yang dikonsumsi agar jumlah sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 15 April). Are Instant Noodles Bad for You. Diperoleh 04 Januari 2019 dari: https://www.healthline.com/nutrition/instant-noodles
  2. Healthline. (2018, 16 Oktober). Is White Rice Healthy or Bad for You. Diperoleh 04 Januari 2019 dari: https://www.healthline.com/nutrition/is-white-rice-bad-for-you