BENARKAH DEXAMETHASONE PENAMBAH NAFSU MAKAN?

Pil biru kecil adalah sebutan populer untuk dexamethasone yang diyakini dapat meningkatkan nafsu makan. Dan banyak pula yang menganggap bahwa dexamethasone adalah golongan suplemen dan vitamin. Benarkah itu?


Dexamethason merupakan obat dengan golongan hormone kortikosteroid yang bekerja pada system kekebalan tubuh untuk mengurangi gejala seperti pembengkakan dan alergi. Dexamethason diresepkan oleh dokter untuk mengobati sejumlah kondisi seperti peradangan atau pembengkakan, alergi, radang sendi, asma, gangguan ginjal, gangguan pada kulit dll.

Amankah dikonsumsi Rutin Dalam Jangka Waktu Lama?
Dexamethasone dapat dikonsumsi berdasarkan resep dan aturan yang diberikan oleh dokter. Jangka waktu konsumsi juga harus ditepati sesuai dengan anjuran dokter. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya efek yang tidak diinginkan.
Dosis dexamethasone berbeda pada setiap orang berdasarkan pada kondisi tubuh dan kesehatannya. Dosis dexamethasone yang tertera pada label atau artikel di internet merupakan dosis rata-rata. Jumlah obat, dosis, aturan konsumsi obat dan lama waktu penggunaan bergantung pada masalah medis seseorang.
Dexamethasone dapat dikonsumsi bersama atau setelah makan. Konsumsilah dengan menggunakan air dan jangan dikunyah. Dexamethasone tidak dapat dihentikan secara tiba-tiba atau lebih cepat dari yang dianjurkan oleh dokter

Apakah Efek Samping Dexamethasone?
Dokter memberikan dosis dan lama penggunaan dexamethasone sesuai dengan kondisi tubuh agar seseorang yang mengkonsumsi bisa mencapai tujuan terapi dan tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan. Beberapa efek samping dari dexamethasone adalah:

Segera berkonsultasi dengan dokter jika kondisi diatas bertambah parah bahkan setelah menghentikan pengobatan.

Dapatkah Dexamethasone Sebagai Penambah Nafsu Makan?
Sudah sejak lama, dexamethasone disalahgunakan sebagai penambah nafsu makan. Dexamethasone memiliki efek samping meningkatkan nafsu makan, namun tidak bisa langsung dianjurkan untuk konsumsi rutin tanpa pengawasan dokter. Hal ini dikarenakan juga dapat menimbulkan efek samping lain dari dexamethasone.

Mari gunakan obat secara bijak dan selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2018, 01 Oktober). Dexamethasone (Oral Route). Diperoleh 28 Desember 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/dexamethasone-oral-route/side-effects/drg-20075207?p=1
  2. WebMD. Dexamethasone. Diperoleh 28 Desember 2018 dari: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1027-5021/dexamethasone-oral/dexamethasone-oral/details