RESOLUSI KESEHATAN 2019

Tahun baru perlu disambut dengan semangat baru untuk menjalani hidup sehat. Membuat rencana yang tepat diawal tahun untuk bersiap mencapainya.


Apakah anda merasa lebih sehat di akhir tahun? Tahun 2018 sudah akan berakhir maka saatnya mengevaluasi sepanjang tahun dan melakukan rencana untuk tahun 2019. Berikut beberapa kemungkinan rencana sehat yang dapat dilakukan pada tahun 2019.

Berhenti Merokok
Menjadi perokok aktif selama bertahun-tahun, makan bukan hal mudah bagi seseorang untuk menghentika kebiasaan tersebut. Kebiasaan mengkonsumsi nikotin dapat diganti dengan mengkonsumsi permen karet atau permen lain. Meminta dukungan pada keluarga atau teman dalam usaha berhenti menjadi perokok merupakan salah satu bagian yang penting.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin
Mengetahui kondisi kesehatan sebelum melakukan perencanaan perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan masalah yang ada. Selain itu juga dapat membantu mengetahui diagnosa lebih awal dan melakukan terapi pengobatan yang tepat.

Mendapatkan Vaksin
Dapatkan vaksin yang dibutuhkan seperti untuk influenza. Vaksin influenza dapat membantu mengurangi resiko terjadinya influenza.

Mengkonsumsi Makanan Sehat
Buat perencanaan makanan dan pilih yang menyehatkan tubuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak. Untuk mendapatkan lemak dan protein yang sehat, maka dapat dipilih seperti daging sapid an ungags tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan telur. Selain itu, juga perlu mengurangi porsi garam dan gula pada makanan.

Berolahraga Secara Rutin
Melakukan olahraga secara rutin minimal 150 menit dalam seminggu dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Pilihlah jenis olahraga yang tepat disela kesibukan.

Memiliki Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti gangguan pada jantung, obesitas dan diabetes tipe 2. Dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas selama minimal 7 jam setiap malam.  

Mencuci Tangan dengan Tepat
Cuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan antiseptik pada aktifitas sehari-hari untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri atau virus.

Mengurangi Stress
Mengatur stress diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Untuk mengurangi stress, dapat dilakukan dengan melakukan olahraga seperti yoga atau melakukan meditasi.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. (2017, 29 Desember). Make Health Your Resolution in 2018. Diperoleh 27 Desember 2018 dari: https://www.cdc.gov/features/healthynewyear/index.html
  2. Healthline. (2013, 30 Desember). 4 Easy to Keep New Year’s Resolutions For Better Health. Diperoleh 27 Desember 2018 dari: https://www.healthline.com/health-news/fitness-new-years-resolutions-you-can-actually-keep-123013#4