TIPS MENGATASI WAJAH BERMINYAK

Minyak berlebih dapat merusak riasan, membuat kulit kusam dan bahkan menjadi penyebab jerawat. Yuk cari tahu cara mengatasinya dan mencegah tumbuhnya jerawat


Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum atau minyak berlebih dari kelenjar sebaceous yang terletak dibawah permukaan kulit. Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak. Sebum memberikan manfaat untuk melindungi, melembabkan kulit serta menjaga rambut agar tetap berkilau dan sehat.
Namun produksi sebum yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit berminyak dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum seperti faktor keturunan, perubahan hormon atau stress.
Kulit berminyak dan berjerawat sulit untuk ditangani tetapi terapi dirumah dapat mengontrol minyak pada wajah tanpa menggunakan obat.

Tips Mengontrol Minyak pada Wajah
Rutin Mencuci Wajah
Memiliki kulit berminyak membutuhkan perhatian ekstra seperti dengan mencuci wajah minimal dua kali sehari tetapi juga tidak boleh berlebihan. Gunakan sabun yang lembut atau yang khusus untuk wajah.

Menggunakan Kertas Penyerap Minyak
Kertas penyerap minyak atau kertas minyak tidak dapat mencegah produksi minyak atau sebum berlebih. Namun dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga membantu agar kulit tidak mengkilap.

Pilih Perawatan Kulit atau Kosmetik Berlabel Bebas Minyak dan Non- Comedogenic
Perawatan kulit atau kosmetik yang memiliki label “bebas minyak” dan “non-comedogenic” tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat.

Hindari Penggunaan Pembersih Basis Minyak atau Alkohol
Penggunaan pembersih dengan bahan dasar minyak atau alcohol dapat mengiritasi kulit.

Gunakan Pelembab Wajah Setiap Hari
Menggunakan pelembab wajah secara rutin merupakan hal penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, sekalipun memiliki tipe kulit yang berminyak. Pilih pelembab yang sekaligus memiliki kandungan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Gunakan Tabir Surya Secara Rutin
Tabir surya dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari seperti keriput, bintik-bintik penuaan dan bahkan kanker kulit. Untuk mencegah timbulnya jerawat, gunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide serta hindari tabir surya yang mengandung parfum atau minyak.

Menggunakan Clay Mask
Menggunakan produk clay mask secara rutin seminggu sekali hingga dua kali dapat membantu menyerap minyak pada kulit dan mengobati masalah pada kulit.

Bersihkan Kosmetik Sebelum Tidur
Selalu bersihkan wajah dari kosmetik sebelum tidur.

Hindari Menyentuh Wajah Saat Beraktifitas
Menghindari aktifitas menyentuh wajah dapat mencegah kotoran, minyak dan bakteri dari tangan berpindah ke wajah. Selalu mencuci tangan terlebih dahulu ketika akan menyentuh wajah seperti saat membersihkan, mengoleskan produk perawatan kulit dan kosmetik.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. American Academy of Dermatology. How to Control Oily Skin. Diperoleh 26 Desember 2018 dari: https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/oily-skin
  2. Healthline. (2018, 20 September). 10 Home Remedies for Oily Skin. Diperoleh 26 Desember 2018 dari: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin#blotting-papers