TIPS KONTROL BERAT BADAN SAAT LIBURAN

Suasana liburan akhir tahun sudah sangat terasa. Kenaikan berat badan sering tidak terhindarkan selama liburan. Suasana santai dan tujuan kuliner adalah faktor utama kenaikan berat badan. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.


Sebuah penelitian menunjukkan sebagian besar orang dewasa mengalami peningkatan berat badan. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan beberapa langkah yang dilakukan selama liburan. Bagaimana cara menjaga berat badan dan kesehatan jantung selama liburan.

Menjaga Tetap Aktif Selama Liburan
Hindari malas-malasan selama liburan seperti hanya tidur-tiduran atau duduk selama menonton televisi. Aktifitas fisik sederhana dapat dilakukan sepanjang liburan yaitu jalan santai, berenang atau bersepeda rutin setiap hari. Lakukan kegiatan tersebut minimal 30 menit setiap hari.

Pilih Camilan Sehat
Camilan yang tidak sehat seperti coklat, kue atau makanan lainnya yang memiliki kandungan tinggi gula. Hal tersebut susah dihindari ketika sedang liburan. Pilihlah untuk mengkonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian atau camilan yang tidak mengandung gula tambahan atau lemak tidak sehat.

Menjaga Porsi Makanan
Mengatur porsi makanan dapat mencegah peningkatan berat badan. Menurut penelitian, seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan porsi besar akan cenderung meningkatkan berat badan.

Memiliki Waktu Tidur yang Cukup
Memiliki waktu tidur yang kurang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini dikarenakan, saat kurang tidur maka tubuh akan menjadi mudah lapar. Tubuh akan akan meningkatkan hormone lapar ketika kurang tidur.

Perbanyak Konsumsi Serat
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat dapat mengurangi jumlah asupan kalori yang dapat membantu mencegah kenaikan berat badan. Mengkombinasi makanan dengan yang memiliki kandungan kaya serat seperti sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu.

Hindari Konsumsi Minuman Berkalori
Soda, kopi, alcohol atau minuman manis lainnya sangat mungkin dikonsumsi saat sedang liburan. Minuman tersebut mengandung sejumlah gula dan kalori yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu, konsumsi alcohol diketahui kemungkinan dapat meningkatkan nafsu makan dan merupakan fakto resiko kenaikan berat badan. Batasi konsumsi minuman berkalori selama liburan untuk membantu menjaga berat badan.

Tingkatkan Konsumsi Protein
Umumnya makanan yan dikonsumsi selama liburan mengandung tinggi karbohidrat namun rendah protein. Mengkombinasikan protein dalam makanan dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat mengontrol berat badan. Protein juga berfungsi meningkatkan metabolisme dan hormone penurun nafsu makan. Sumber protein yang baik seperti daging sapi, unggas, ikan dan beberapa makanan nabati seperti kacang.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Healthline. (2016, 22 November). 20 Tips to Avoid Weight Gain During the Holidays. Diperoleh 20 Desember 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/tips-to-avoid-holiday-weight-gain
  2. WebMD. 10 Ways to Avoid Holiday Weight Gain. Diperoleh 20 Desember 2018 dari: https://www.webmd.com/diet/features/10-ways-to-avoid-holiday-weight-gain#3