MENCEGAH ISK PADA WANITA

Penyakit yang umum dialami oleh wanita adalah Infeksi Saluran Kencing. ISK dapat dicegah dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, salah satunya seperti menjaga agar daerah kewanitaan tetap kering. Untuk selengkapnya akan dibahas dalam informasi kesehatan ini.


ISK adalah kondisi infeksi di bagian sistem kemih seperti ginjal, saluran kencing, dan kandung kemih. Perempuan memiliki resiko lebih besar mengalami ISK daripada laki-laki. ISK muncul dengan beberapa gejala seperti nyeri pada perut, meningkatnya keinginan buang air kecil atau nyeri saat akan buang air kecil.
Antibiotik merupakan pengobatan lini pertama untuk infeksi saluran kemih (ISK). Jenis obat yang diberikan berdasarkan kondisi kesehatan dan jenis bakteri yang ditemukan dalam urin. Antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab ISK secara tuntas dengan terapi pengobatan yang tepat.
Upaya pencegahan dan mengetahui faktor resiko perlu dilakukan karena komplikasi ISK bisa menyebabkan infeksi menyebar hingga ke ginjal.

Apakah Penyebab ISK pada Wanita?
ISK sangat rentan dialami oleh wanita, beberapa hal bisa menjadi penyebab terjadinya ISK:

Apakah Faktor Resiko ISK?
Terdapat faktor resiko yang dapat meningkatkan terjadinya ISK, seperti:

Bagaimana Cara Mencegah ISK pada Wanita?
ISK dapat dicegah dengan beberapa hal yaitu:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2017, 25 Agustus). Urinary Tract Infection (UTI). Diperoleh 05 Desember 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/urinary-tract-infection/symptoms-causes/syc-20353447
  2. WebMD. (2017, 01 Januari). Best Ways to Help Prevent UTIs. Diperoleh 05 Desember 2018 dari: https://www.webmd.com/women/guide/avoid-uti#2
  3. WebMD. (2018, 17 April). Best Ways to Help Prevent UTIs. Diperoleh 05 Desember 2018 dari: https://www.webmd.com/women/uti-risks#2