TIPS ATASI KOLIK PADA BAYI

Ibu sering kali kebingungan ketika bayinya menangis atau nangis tanpa alasan yang jelas seperti tidak sedang mengompol atau sedang kenyang. Umumnya disebabkan oleh kolik, namun tidak semua ibu paham tentang kondisi tersebut. Mari cari tahu


Kolik umum terjadi pada bayi dan dalam waktu berkepanjangan yang ditandai dengan menangis atau rewel tanpa alasan yang jelas. Kolik dapat membuat orang tua frustasi karena bayi menangis tanpa alasan yang jelas dan tidak mereda ketika diberi susu. Kondisi ini sering terjadi pada malam hari dan menangis lebih dari 3 jam sehari. Pada usia sekitar 6 minggu merupakan puncak bayi mengalami kolik, namun dapat menurun secara signifikan setelah usia 3 hingga 4 bulan. Beberapa langkah dapat dilakukan untuk mengurangi keparahan kolik.

Apakah Penyebab Kolik?
Tidak ada penyebab kolik yang spesifik namun dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti:

Terdapat banyak kondisi yang dapat terlihat seperti kolik namun ternyata bukan. Jika orang tua merasa khawatir atau tidak yakin bayi mengalami kolik maka berkonsultasilah dengan dokter. Terdapat beberapa kondisi kesehatan selain kolik yang dapat menyebabkan bayi rewel, seperti:

Bagaimana Tanda dan Gejala Kolik?
Bayi yang rewel dan menangis merupakan hal yang normal, terutama selama tiga bulan pertama. Secara umum, kolik didefinisikan seperti menangis selama tiga jam pada 3-7 hari atau lebih. Berikut beberapa gejala kolik:

Bagaimana Cara Mengatasi Kolik?
Kolik dapat diatasi berdasarkan kondisi yang dibutuhkan oleh bayi. Diperlukan mencoba beberapa hal untuk mengetahui cara yang tepat untuk menenangkan bayi. Kolik bisa menjadi baik dengan sendirinya seperti menunggu hingga bayi berusia 4 bulan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui kemungkinan penyebab kolik. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2018, 27 Januari). Colic. Diperoleh 03 Desember 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/colic/diagnosis-treatment/drc-20371081
  2. WebMD. (2017, 21 Mei). Could Your Baby’s Crying Be Colic. Diperoleh 03 Desember 2018 dari: https://www.webmd.com/parenting/baby/what-is-colic#2