CARA TEPAT CEGAH KANKER PARU-PARU

Orang yang merokok memiliki resiko terbesar mengalami kanker paru-paru, walaupun kanker paru-paru juga dapat terjadi pada orang yang tidak pernah merokok. Resiko mengalami kanker paru-paru akan meningkat seiring dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang dihisap.


Paru-paru merupakan organ dalam sistem pernafasan yang bekerja mengambil oksigen ketika menghirup udara dan melepaskan karbondioksida ketika menghembuskan nafas. Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang mulai berkembang awal di paru-paru. Perokok merupakan orang yang memiliki resiko paling tinggi dapat mengalami kanker paru-paru.

Bagaimana kanker menghampiri perokok?
Rokok dapat merusak sel-sel yang melapisi paru-paru. Ketika seseorang menghirup asap rokok yang mengandung banyak sekali zat-zat penyebab kanker (karsinogenik), maka perubahan pada jaringan paru mulai terjadi. Pada awalnya tubuh akan dapat memperbaiki kerusakan. Tetapi dengan paparan yang berulang, sel-sel normal yang melapisi paru akan semakin rusak. Seiring waktu kerusakan yang terjadi menyebabkan sel berkembang secara abnormal dan menyebabkan kanker berkembang didalam tubuh.

Faktor Resiko Penyebab Kanker Paru-Paru
Sejumlah faktor dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru. Beberapa faktor resiko dapat dikendalikan dengan perubahan gaya hidup. Namun, juga terdapat faktor lain yang tidak dapat diubah. Berikut beberapa faktor resiko terjadinya kanker paru-paru.

Dapatkah Kanker Paru-Paru Dicegah?
Tidak semua kanker paru-paru dapat dicegah tetapi beberapa perubahan dapat dilakukan untuk menurunkan resiko. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Beberapa orang yang memiliki kanker paru-paru, terkadang tidak memiliki faktor resiko. Upaya pencegahan tetap dilakukan untuk mendapatkan kondisi terbaik.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. American Cancer Society. (2016, 22 Februari). Can Lung Cancer Be Prevented. Diperoleh 08 November 2018 dari: https://www.cancer.org/cancer/lung-cancer/prevention-and-early-detection/prevention.html
  2. Mayo Clinic. (2018, 18 April). Lung Cancer. Diperoleh 08 November 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lung-cancer/symptoms-causes/syc-20374620