MITOS DAN FAKTA MAKANAN PADA IBU HAMIL

Seringkali terdengar ibu hamil tidak boleh minum kopi karena dapat membahayakan janin? Sebuah fakta atau hanya mitos tanpa dukungan penjelasan ilmiah.


Seorang ibu akan melakukan apa saja untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya. Salah satunya seperti berhenti mengkonsumsi makanan yang meningkatkan resiko gangguan pada kehamilan. Namun, sering kali terjebak dalam mitos yang belum didukung oleh penjelasan ilmiah. Berikut akan dijelaskan mitos dan fakta untuk makanan yang aman dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

Hindari konsumsi makanan laut
Fakta: Makanan laut merupakan sumber protein yang baik dan juga asam lemak omega 3 yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan mata pada bayi. Pada beberapa ikan dan kerang mengandung kadar merkuri yang berpotensi bahaya. Merkuri yang terlalu tinggi dapat membahayakan perkembangan sistem saraf bayi. Makanan laut dapat dikonsumsi 8-12 ons dalam seminggu untuk ibu hamil.

Hindari konsumsi kafein
Fakta: Kafein dapat menembus ke dalam plasenta dan kemungkinan dapat memberikan efek tertentu pada janin. Sehingga perlu dilakukan pembatasan asupan kafein pada ibu hamil menjadi hanya 200mg sehari selama kehamilan. Sebagai alat pengukur, 8 ons kopi yang diseduh mengandung 95 mg kafein. Pada 8 ons the mengandung 47 mg kafein dan dalam 355ml cola mengandung 33mg kafein.

Hindari konsumsi the herbal
Fakta: Terdapat penelitian yang menunjukkan efek ramuan khusus pada bayi yang sedang berkembang. Sehingga the herbal perlu dihindari kecuali jika dokter menginformasikan aman dikonsumsi.

Nanas berbahaya untuk kehamilan
Fakta: Nanas merupakan buah yang aman dan sehat untuk dikonsumsi selama kehamilan. Mitos mengatakan nanas dapat menyebabkan keguguran, namun tidak ada bukti ilmiah tentang mitos ini. Bromelain merupakan senyawa yang dapat menyebabkan pendarahan dan terdapat dalam nanas. Namun, jumlah bromelain dalam nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan.

Durian dapat menggugurkan kandungan
Fakta: durian aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama tidak dikonsumsi berlebihan. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan dari durian dapat berfungsi sebagai antioksidan .

Hanya boleh mengkonsumsi daging sapi yang matang penuh
Fakta: daging yang mentah atau setengah matang dapat menyebabkan toxoplasma dan infeksi bakteri lain pada ibu hamil.

Hindari konsumsi makanan laut mentah
Fakta: makanan laut merupakan sumber protein, namuan makanan laut mentah dapat menjadi sumber parasit dan bakteri berbahaya. Ibu hamil hanya bisa mengkonsumsi makanan laut yang dimasak dengan matang.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Healthline. (2016, 12 April). Should You Avoid Pineapple During Pregnancy. Diperoleh 25 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/pregnancy/pineapple#1
  2. Mayo Clinic. (2017, 17 Oktober). Pregnancy Nutrition: Foods to Avoid During  Pregnancy. Diperoleh 25 Oktober 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20043844
  3. WebMD. (2018, 27 Juli). What Not to Eat When You’re Pregnant. Diperoleh 25 Oktober 2018 dari: https://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-what-not-to-eat-when-pregnant