TIPS MENATA RAMBUT TANPA MERUSAK

Catokan dan pengering rambut merupakan alat yang menjadi andalan untuk menata rambut agar menjadi lebih rapi. Namun, alat tersebut juga bisa menjadi penyebab utama kerusakan rambut.


Hampir setiap hari catokan dan pengering rambut digunakan untuk membentuk rambut lebih rapi. Kerusakan rambut dapat terjadi ketika salah menggunakan alat-alat tersebut, sehingga membutuhkan terapi dalam waktu yang panjang. Beberapa langkah dapat dilakukan  agar rambut bisa tetap Indah dan sehat.

Memilih Alat Penata Rambut dengan Pengaturan Suhu
Pilih alat penata rambut yang memiliki pilihan pengaturan suhu sehingga panas pada alat dapat diatur agar tidak terlalu panas. Hal ini berguna agar bisa tetap menjaga kesehatan rambut. Pilih pengering rambut yang dapat menyalurkan panas secara merata.

Mengenali Jenis Rambut
Pengaturan suhu pada alat penata rambut perlu disesuaikan dengan jenis rambut. Semakin rambut berjenis halus dan tipis maka suhu yang digunakan semakin rendah.

Melindungi Rambut dari Panas
Gunakan produk rambut untuk melindungi rambut dari panas pada pengering atau catokan rambut. Selain itu, juga terdapat alat penata rambut yang memiliki lapisan pelindung untuk rambut. Penggunaan catokan atau alat keriting sebaiknya tidak lebih dari 3-4 detik per bagian.

Mengetahui Teknik Menata Rambut
Bertanya pada ahli penata rambut perlu dilakukan untuk mengetahui tips cara menata rambut dengan cepat. Hal ini berguna agar dapat secara cepat melakukan penataan rambut dan meminimalkan rambut terkena panas terlalu lama.

Memberi Jarak Saat Penggunaan Pengering Rambut
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa memegang pengering rambut dengan jarak sekitar 15cm dari rambut dan menggerakkan pengering rambut secara terus menerus dapat mengurangi terjadinya kerusakan.

Menggunakan Suhu Rendah
Semakin tinggi atau panas yang digunakan maka semakin banyak kerusakan yang terjadi. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan rambut yang semakin parah.

Minimalkan Penggunaan Alat Penata Rambut
Jika sedang dalam kondisi tidak membutuhkan penataan rambut, sebaiknya membiarkan rambut kering dengan sendirinya tanpa menggunakan alat pengering rambut. Beri istirahat pada rambut setidaknya sekali seminggu untuk tidak dilakukan penataan dan terpapar panas.

Menggunakan Conditioner Setelah Sampo
Menggunakan conditioner dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan rambut yang rusak dan rapuh. Conditioner  dapat meningkatkan kekuatan rambut, kilau rambut dan melindungi rambut dari sinar UV.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. American Academy of Dermatologist. Tips for Healthy Hair. Diperoleh 19 Oktober 2018 dari: https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/hair-care/tips-for-healthy-hair
  2. Healthline. (2018, 21 Februari). How To Repair Damage Hair. Diperoleh 19 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-repair-damaged-hair
  3. WebMD. (2012, 04 Oktober). How Not to Wreck Your Hair. Diperoleh 19 Oktober 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/features/how-not-to-wreck-your-hair#2