MENGENAL MANFAAT LIDAH BUAYA, TIDAK HANYA UNTUK KULIT SAJA

Lidah buaya atau Aloe vera sangat popular sejak dulu karena dikenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari untuk kesehatan rambut, kulit hingga sistem pencernaan.


Lidah buaya merupakan tanaman yang tumbuh didaerah beriklim tropis. Aloe barbadensis merupakan nama latin dari lidah buaya. Lidah buaya memiliki dua lapisan yaitu latex yang merupakan lapisan berwarna kuning dibawah kulit dan gel yang berada dibagian dalam.
Sebagai obat, lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara diminum. Lidah buaya dapat bekerja sebagai pencahar, kejang, asma, pilek, radang usus besar, depresi, diabetes, glaucoma, sclerosis, wasir, varises, dan peradangan sendi. Lidah buaya juga dapat dioleskan langsung pada kulit untuk membantu meredakan masalah kulit seperti jerawat, gatal pada kulit, luka bakar, kulit terbakar karena matahari, dan kulit kering.

Kandungan Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif yang bermacam-macam. Berikut adalah kandungannya:

Manfaat Lidah Buaya yang Telah Terbukti
Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam lidah buaya. Berikut beberapa manfaat yang sudah terbukti pada penelitian:

Apakah Lidah Buaya Aman Digunakan?
Gel lidah buaya aman dioleskan pada kulit. Dosis lidah buaya yang tepat juga aman untuk dikonsumsi langsung. Bagian latek pada lidah buaya tidak aman jika akan dikonsumsi langsung karena kemungkinan berada dalam dosisi yang tinggi.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Draxe. (2015, 24 Juni). Aloe Vera benefits: Heal Skin, Constipation and Immune Sytem. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://draxe.com/aloe-vera-benefits/
  2. Healthline. (2016, 08 Juli). 9 Healthline Benefits of Drinking Aloe Vera Juice. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/aloe-vera-juice-benefits
  3. Healthline. (2016, 06 September). 7 Amazing Uses for Aloe Vera. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/7-amazing-uses-aloe-vera
  4. Mayo Clinic. (2017, 17 Oktober). Aloe. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-aloe/art-20362267
  5. WebMD. Aloe. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-607/aloe